PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH PADA SISWA KELAS X SMA N 1 KOTA TERNATE

Suryani Taib

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub konsep rangkaian listrik arus searah.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen tipe pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Ternate yang berjumlah450 siswa yang tersebar dalam 13 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasiyaitu 56 siswa dengan teknik pengambilan sampelnya dengan cara clustersampling, setelah diperoleh 2 kelas sebagai sampel kemudian diacak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes. Tes dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran. Bentuk soal tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dalam bentuk essay yang berjumlah 6 item dengan skor total 71. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t.Hasil perhitungan data diperoleh thit = 3,56 dan ttab =2,0105dengan dk= 54 dan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil perhitungan dapat dikatakan bahwa thit> ttab atau 3,56> 2,0105 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub konsep rangkaian listrik arus searahdengan besar peningkatan 34,7 %

Kata kunci: Multimedia Interaktif, Rangkaian Listrik Arus Searah,Hasil Belajar.



Teks Lengkap:

Hal. 49-57


DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v3i1.1107

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â