ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 257 JAKARTA

Dityas Fajar Septina

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar, dan untuk mengetahui berapa besar hubungan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII-8 SMP Negeri 257 Jakarta, DKI Jakarta yang berjumlah 35 siswa.  Hasil penelitian dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh harga r­ sebesar 0,04 dan harga koefosien determinasi   r2 sebesar 0,0016 atau 0,016  persen. Hal ini   menunjukkan bahwa sebesar 0,16 persen variasi yang terjadi pada variabel Y (hasil belajar) dapat dipengaruhi oleh variabel X (aktivitas belajar). Melalui pengujian keberartian koeefisien korelasi diperoleh harga thitung sebesar 0,23  dan harga ttabel  dari daftar distribusi diperoleh ttabel sebesar 2,75. Dibandingkan kedua harga t tersebut antara thitung dengan ttabel diperoleh bahwa thitung lebih kecil  dari ttabel atau 0,23 <2,75.  Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang berarti antara aktivitas belajar (X) dan Hasil belajar (Y) siswa kelas VII-8 SMP Negeri 257 Jakarta.

Kata Kunci:  Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Matematika


Teks Lengkap:

Hal. 64-73


DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v3i2.1134

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â