Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 7 Kota Ternate pada Konsep Getaran dan Gelombang

Ibrahim Badin, Sumarni Sahjat, Nurlaela Muhammad

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipetalking stick terhadap hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 7 Kota Ternate pada materi getaran dan gelombang. 2) Berapa besar pengaruh hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 7 Kota Ternate dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stickpada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen  dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional yang menggambarkan pengaruh antara variabel X terhadap Y. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dalam bentuk soal essay dan non tes berupa angket, kemudian teknik analisis data menggunakan uji statistik dan korelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif  tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik keberartian regresi dan keberatian korelasi guna untuk melihat pengaruh model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai Fhit Ftab atau 9,628 16,919  dan thit ttab atau 9,00 22,362 sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara penggunaan model kooperatif  tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa  dapat diterima.Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara  penggunaan model kooperatif tipe Talking Stickterhadap hasil belajar siswa pada konsep getaran dan gelombang di SMP Negeri 7 Kota Ternate, sedangkan besar pengaruh model kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa ditunjukan dengan kooefisien determinan yaitu sebesar 64%.

 

Kata Kunci: Kooperatif Tipe Talking Stick,Hasil Belajar, Getaran dan Gelombang


Teks Lengkap:

Hal. 7-13

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.