Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate pada Konsep Gerak

Sella Ayu Ningsih, Nurdin A. Rahman, Nurlaela Muhammad

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak. 2). Besar Pengaruh ModelPembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak di SMP Negeri 2 Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional yang menggambarkan pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Ternate dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa dengan teknik pengambilan sampel adalah (ClusterRandom Sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dalam bentuk soal essay dan non tes berupa angket, kemudian teknik analisis regresi linear sederhana.Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh modelProblem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik analisis regresi linear sederhana guna untuk melihat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa diperoleh thit = 4,64 dan ttab = 2,080 dengan dk = 21 dan taraf signifikan 0,05. Sehingga data hasil perhitungan menunjukkan bahwa thit> ttab atau 4,64> 2,080 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada konsep gerak. Hal ini ditunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak dengan koefisien penentu sebesar 50,41%.

 

Kata Kunci: problem based learning, hasil belajar siswa, gerak.

 


Teks Lengkap:

Hal. 37-42

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.