MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS VII.2 SMP NEGERI 1 BARRU

- Dahliah

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang dapat meningkatkan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran Matematika pada kelas VII.2 di SMP Negeri 1 Barru melalui metode pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertolak dari hasil data pra-tindakan bahwa hasil ulangan harian siswa VII.2 SMP Negeri 1 Barru banyak ditentukan oleh hasil belajarnya di rumah, dan hanya sedikit dari proses belajarnya di kelas. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi implementasi model pembelajaran NHT dan observasi kosentrasi siswa dalam belajar. Data wawancara di analisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data observasi dianalisis dengan prosentase dan kategorisasi. Pengabsahan data yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Triangulasi sumber yaitu peneliti, observer, dan siswa serta triangulasi metode yaitu data wawancara dan data hasil observasi. Hasil penelitian tindakan ini mengungkapkan bahwa pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT) yang mencapai 78 persen atau berkategori “baik” dapat merangsang dan menantang siswa untuk meningkatkan kosentrasinya dalam pembelajaran. Hasil ini berdasarkan data wawancara dan didukung oleh data peningkatan konsentrasi siswa dalam belajar yang meningkat menjadi kategori “tinggi” 75,5 persen pada akhir tindakan.

Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), Konsentrasi, Hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.