SIKAP ILMIAH DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PRAKTIKUM BIOLOGI UMUM DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING DI STKIP ABDI PENDIDIKAN PAYAKUMBUH

Diana Zulyetti

Sari


Mahasiswa calon guru Biologi harus dibekali dengan kemampuan untuk melakukan proses sains dan kegiatan ilmiah sendiri melalui kegiatan praktikum inkuiri agar kelak bisa mengelola kegiatan laboratorium di sekolah. Oleh karena itu, kegiatan praktikum salah satunya pada mata kuliah Biologi Umum dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui sikap  ilmiah  dan motivasi mahasiswa  Biologi  pada pelaksanaan  praktikum Biologi Umum berbasis inkuiri terbimbing Tahun Akademis 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada bulan September 2014-Januari 2015 di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data sikap ilmiah mahasiswa adalah berupa angket dan lembar observasi aktivitas mahasiswa selama melakukan kegiatan praktikum. Data motivasi mahasiswa dikumpulkan menggunakan lembar angket motivasi. Hasil analisis data menunjukkan kegiatan praktikum Biologi Umum berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah dan motivasi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan praktikum Biologi Umum.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Biologi Umum, Sikap Ilmiah,  Motivasi belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas (Departemen Pendidikan Nasional). 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi. Depdiknas. Jakarta

Glenco Mc Graw Hill. 2011. Lab Manual Guided Inquiry. (Online), Http://Www.Glencoe.Com/Biologyonline/.DiaksesMaret 2014

Khan, M and Muhammad, Z.I. 2011. Effect of Inquiry Lab Teaching Method on the Development of Scientific Skills Through the Teaching of Biology in Pakistan. Journal Strength for Today and Bright Hope for Tomorrow. 11: 169-178.

Kilinç, A. 2007. The Opinions of Turkish Highschool Pupils on Inquiry Based Laboratory Activities. Gazi University Gazi Education Faculty Department of Biology Education, (online), (http://www.tojet.net/articles/646.pdf). Diakses 8 Oktober 2011

Kusumastuti, S. 2008. Pengembangan buku petunjuk praktikum IPA kimia berbasis inkuiri terbimbing untuk SMP/MTs kelas VII semester I. Abstrak penelitian. Digital Library Universitas Negeri Malang, (online), (http://library.um.ac.id/free-contents/). Diakses 10 September 2011.

NSTA (National Science Teachers Association). 2005. Simplifying Inquiry Instruction, (online),www.nsta.org. Diakses 25 Maret 2014

NRC (National Research Council). 2000. Inquiry And The National Science Education Standards Guide for teaching and Learning. National Academy Press. Washington, D.C, (Online), http://books.nap.edu/html/i nquiry_ addendum/notice.html. Diakses 25 Maret 2014

Rustaman, N.Y. 2007. Program Pembelajaran Praktikum Berbasis Kemampuan Generik (P3BKG) dan Profil Pencapaiannya, (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/196201151987031- pdf,. Diakses 15 April 2014

Santi, Kartika., Putu Arnyana, Nyoman Setiawan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. (online). Diakses Februari 2015

Subiantoro, A.W. 2011. Pentingnya praktikum Dalam pembelajaran IPA. Makalah yang disampaikan pada Kegiatan PPM “Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkunganâ€. Jurusan Biologi FMIPA UNY. Yogyakarta, (Online).(http://staff.uny.ac.id/sites/.../ppm pentingnya%20praktikum.pdf). Diakses 8 April 2014

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v1i2.538

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â