PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DARUBA KECAMATAN MOROTAI SELATAN

Sumarni Sahjat, Taslim Buaja

Sari


Penelitian ini bertolak dari adanya permasalahan tentang rendahnya hasil belajar siswa, yang salah satu penyebabnya adalah kurangnya penerapan metode maupun media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) atau Classroom Action Research. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode quantum learning. Penelitian ini dilaksanakan  di SD Negeri 1 Daruba, Kabupaten Morotai yang terdiri dari tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Daruba, Kabupaten Morotai, yang terdiri dari  20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal Pilihan Ganda (PG) sebanyak  22 soal, dan lembar pengamatan untuk aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dengan menerapkan metode quantum learning, diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas belajar hanya 30%, pada siklus II hanya 56,25%, dan pada siklus III terjadi peningkatan yaitu 70%. Persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 54,55%, pada Siklus II sebesar 59,09%, dan meningkat pada siklus III menjadi  65,91%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa metode quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar maupun aktivitas guru di kelas IV SD Negeri 1 Daruba.

Kata Kunci: Pembelajaran, Quantum Learning, Hasil Belajar, PTK, IPA SD


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


De Porter, Bobbi dan Mike Hernachi. terjemahan Alwiyah Abdurrahman. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa. Bandung

Kasbolah, Kasihani. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud. Jakarta.

Hadi, Sutrisno. (1989). Metodologi Reseach. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Kemala, Rosa. (2006). Buku Paket Jelajah IPA Untuk Kelas 5 SD. Yudistira. Jakarta

Moleong, J Lexy. (1994). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya. Bandung

Sarjan, et all. (2004). Buku Paket Sains V Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. CV. Sahabat. Klaten

Sudjana, N. (1987). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. PT. Sinar Baru Algensindo. Bandung

Suhadjono. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumiaksara. Jakarta

Sumaji, et al. (1998). Pendidikan Sains yang Humanistik. Kanisius. Yogyakarta

Sunaryo, PVM. 2001. Penerapan Prinsip-prinsip Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dalam Meningkatkan Keefektifan Proses Pembelajaran IPA SD di Kodya Tegal. Jurnal Pendidikan, Volume 2(1).

Saputro, Suprihatin, et al. (2000). Strategi Pembelajaran. Depdiknas Universitas Negeri Malang FIP Tim Pelatihan Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas.

Usman, Moh. Uzer. (2004). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Wiriaatmadja, Rochiati. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v1i2.540

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â