PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), FREE CASH FLOW (FCF), DAN PROFITABILITAS (ROA) TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR) PADA PERUSAHAAN LQ 45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2013

Mila Fatmawati

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh investment opportunity set (IOS), free cash flow (FCF), dan profitabilitas (ROA) terhadap dividend payout ratio (DPR) pada perusahaan LQ 45 yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2010-2013. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel 19 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IOS tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena pemegang saham pengendali memiliki kontrol terhadap perusahaan melebihi hak aliran kasnya melalui mekanisme kepemilikan piramida atau lintas kepemilikan yang sering ditemui di Indonesia. Free Cash Flow (FCF) tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio. Kondisi FCF yang tinggi, perusahaan bisa saja menahan pembagian dividen. Kemungkinan yang terjadi yaitu perusahaan LQ 45 memanfaatkan free cash flow yang tinggi untuk menjaga kecukupan modal (capital adequacy) sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga tidak membagikan dividen. Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif terhadap Dividend Payout Ratio. Perusahaan yang mampu mengelola asetnya secara efektif dan efisien cenderung menghasilkan kinerja keuangan yang baik. Hal ini direalisasikan dengan adanya laba yang tinggi. Dengan demikian, perusahaan tersebut dianggap mampu untuk membayar sebagian porsi labanya dalam bentuk dividen. Semakin tinggi laba yang mampu dihasilkan, semakin besar pula probabilitas perusahaan untuk membagikan dividen.

Kata Kunci: IOS, Free cash flow, ROA, dividend payout ratio


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. (2001). Manajemen Keuangan jilid 1, Edisi 8. Erlangga. Jakarta.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21, Edisi 7. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Haryetti dan Ekayanti, Ririn Araji. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Investment Opportunity Set dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di BEI. Jurnal ekonomi, Vol. 20, No. 3 .

Horne, James C. Van dan Jr, Jhon M. Wachowicz. (1998). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan jilid 2, Edisi 9, Salemba Empat. Jakarta.

Hussainey,Khaled., MGbame, Chijoke Oscardan Chijoke-Mgbame, Aruoriwo M. (2010). Dividend Policy and Share Price Volatility: UK Evidence, Forthcoming Journal of Risk Finance.

Jensen, Michael C dan Meckling, William H. (1976). Theory Of Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal Of Financial Economic, Vol. 3, No. 4, pp. 305-360

Jensen, M. (1986). Agency Costs of Free Cash Flow, Corporate Finance, and Takeovers. Journal American Economic Review, Vol. 76, No. 2, pp. 323-329.

Kieso, Donald E, Weygandt, Jerry J dan Warfield, Terry D. (2007). Akuntansi Intermediate jilid 1, Edisi 12, Salemba Empat. Jakarta.

Lestari, Dewi. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay: Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. [Skripsi]. Universitas Diponegoro Semarang.

Lucyanda, Jurica dan Lilyana. (2012). Pengaruh Free Cash Flow dan Struktur Kepemilikan Terhadap Dividend Payout Ratio. Jurnal Dinamika Akuntansi,Vol. 4, No. 2, pp. 129-138.

Mariah, Meythi, dan Martusa, Riki. (2012). Pengaruh Profitabilitas dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen Tunai dengan Likuiditas Sebagai Variabel Moderating Pada Emiten Pembentuk Indeks LQ 45 (Periode 2008-2010). Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis.

Marwarni, Luh Fajarini Indah, dan Ratnadi, Made Ni Dwi. (2014). Pengaruh Kesempatan Investasi, Leverage, Dan Likuiditas Pada Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Bali, ISSN: 2302-8556

Mulyono, Budi. (2009). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Insider Ownership, Size dan Investment Opportunity Set Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Pada Industri Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). [Tesis]. Universitas Diponegoro Semarang.

Natalia, Desy. (2013). Pengaruh Profitabilitas dan Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. [Skripsi]. Universitas Negeri Padang.

Nugroho, D,R. Fajar. (2010). Analisis Pengaruh Return On Equity, Insider Ownership, Investment Opportunity Set, Firm Size, Cash Flow, dan Debt Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Di BEI Periode 2004-2007). [Skripsi]. Universitas Diponegoro Semarang.

Nurmala.(2006). Pengaruh Kebijakan Dividen terhadap Harga Saham Perusahaan-perusahaan Otomotif di Bursa Efek Jakarta. Mandiri,Vol. 9, No.1.

Nursafitri, Diah. (2013). Pengaruh Free Cash Flow, Investment Opportunity Set (IOS) dan Firm Size Terhadap Kebijakan Dividen Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011. [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pradana, Salvatore Wika Lingga dan Sanjaya, I Putu Sugiartha. Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow, dan Investment Opportunity Set Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI). Simposium Nasional Akuntansi 17 Mataram.

Primawestri, Laksmi. (2011). Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi dividend payout ratio (studi pada perusahaan manufaktur yang listed di BEI periode 2006-2009). [Skripsi]. Universitas Diponegoro Semarang.

Puspita, Fira. (2009). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividend Payout Ratio (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2007). [Tesis]. Universitas Diponegoro Semarang.

Reeve, James M,Warren,Carl S, Duchac, Jonathan E, Wahyuni, Ersa Tri,Soepriyanto, Gatot, Jusuf,Amir Abadi, Djakman,Chaerul D. (2010). Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia Buku 2, Edisi 22 Selemba Empat. Jakarta.

Rokhayati, Isnaeni. Analisis Hubungan Investment Opportunity Set (IOS) dengan Realisasi Pertumbuhan serta Perbedaan Perusahaan yang Tumbuh dan Tidak Tumbuh terhadap Kebijakan Pendanaan dan Dividen di Bursa Efek Jakarta. SMART, Vol. 1, No. 2, pp. 41-60.

Rosdini, Dini. (2009). Pengaruh Free Cash Flow terhadap Dividend Payout Ratio, Working Paper In Accounting and Finance. Departement of Accounting Padjajaran University.

Ross, S. (1977). The Determinant of Financial Structure: The Incentive Signaling Approach.The Bell Journal of Economics, Vol. 1, No. 8, pp.23-40. Diakses di https://www2.bc.edu/~chemmanu/phdfincorp/MF891%20papers/Ross%201977.pdf.

Sari, Ratih Fitria. (2010). Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Utang, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Subramanyam, K.R. dan Wild, John. J. (2010). Analisis Laporan Keuangan Jilid 1, Edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabet. Bandung.

Suharli, Michell. (2007). Pengaruh Profitability dan Investment Opportunity Set Terhadap Kebijakan Dividen dengan Likuiditas Sebagai Variabel Penguat (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2002-2003). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 9, No. 1, pp. 9-17.

Sulistiyowati, Indah, Anggraini, Ratna dan Utaminingtyas, Tri Hesti. (2010). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Growth Terhadap Kebijakan Dividen dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Wicaksana, I Gede Ananditha. (2012). Pengaruh Cash Ratio, Debt To Equity Ratio,dan Return On Asset Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. [Tesis].Universitas Udayana Denpasar.

Yunior, Andreas Sunarto Tjitrahadi. (2010). Pengaruh Free Cash Flow Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2001-2007, [Skripsi]. Univesitas Atma Jaya Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v1i1.883

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â