ANALISIS FAKTOR SKALA USAHA, HARGA JUAL DAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP PENDAPATAN (Studi Pada Usaha Ternak Ayam Broiler SMK 3 Kota Tidore Kepulauan)

Nurdiyanawati Djumadil

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pendapatan yang diperoleh usaha peternakan ayam broiler, mengetahui pengaruh faktor skala usaha, harga jual ayam broiler dan biaya produksi terhadap pendapatan usaha ayam broiler pada peternak ayam broiler di SMK Negeri 3 Tidore Kota Tidore Kepulauan dari Bulan Januari sampai Februari 2012. Variabel yang diamati pada penelitian ini meliputi wawancara langsung kepada peternak ayam broiler dengan menggunakan kuisioner atau daftar pertanyaan yang telah disusun sebagai penuntun dalam wawancara pengumpulan data penelitian dan kuisioner ini disusun sesuai dengan kebutuhan penelitian. Penilaian pada penelitian ini meliputi: biaya sarana produksi, penerimaan usaha peternak ayam broiler, harga sarana produksi peternakan, jumlah produksi, harga jual dan lain sebagainya. Metode pengumpulan data dilakukan secara observasi yaitu pengumpulan data melalui pengamatan secara langsung terhadap lokasi usaha peternakan ayam broiler yang meliputi aktivitas produksi dan pemasaran ayam broiler dan wawancara secara dengan pengelola usaha peternakan ayam broiler yang selanjutnyaJenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksplanasi yaitu suatu jenis penelitian yang bertujuan melihat atau mengetahui pengaruh atau hubungan suatu variabel dengan variabel lainnya. Adapun variabel tersebut yaitu terdiri dari pendapatan sebagai variabel dependent (Y) dan skala usaha, harga jual dan biaya produksi sebagai variabel independen (X). Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus yaitu dengan mempelajari kasus yang terjadi pada usaha ternak ayam broiler di SMK Negeri 3 Tidore Kepulauan. Data yang digunakan adalah data selama 2 tahun yaitu Juni 2010 sampai dengan Mei 2012 dalam hal ini selama 24 bulan. Hasil penelitian menunjukkan secara bersama-sama faktor skala usaha, harga jual dan biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha peternakan ayam broiler SMK Negeri 3 Tidore Kepulauan. Besarnya pengaruh tersebut sebesar 95,20%.  Nilai tersebut menunjukkan bahwa faktor skala usaha, harga jual dan biaya produksi memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pendapatan usaha ternak ayam broiler. Secara parsial faktor skala usaha dan dan biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha peternakan ayam broiler SMK Negeri 3 Tidore Kepulauan yaitu masing-masing sebesar 30,91% untuk skala usaha dan 27,04% untuk biaya produksi. Sedangkan faktor harga jual tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha peternakan ayam broiler SMK Negeri 3 Tidore Kepulauan yaitu hanya sebesar 0,18%. Tidak signifikannya pengaruh harga jual terhadap pendapatan pada usaha ternak ayam broiler di SMK Negeri 3 Tidore Kepulauan disebabkan karena kenaikan harga jual relatif tidak terlalu besar.

 

Kata kunci: Skala usaha, harga jual, biaya produksi, variabel independen, variabel dependen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z. (2002). Beternak Domba. PT. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Anonim. (2004). Beternak Ayam Pedaging. PT. Kanisius, Yogyakarta.

Daniel, M. (2004). Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.

Harnanto. (1992). Akuntansi Biaya untuk Perhitungan Harga Pokok Produk, Edisi Pertama. BPFE, Yokyakarta.

Hartono, A.H. S. (1999). Beternak Ayam Pedaging Super. CV. Gunung Mas, Pekalongan.

Mubyarto. (1998). Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES. Universitas Indonesia, Jakarta.

Patong dan Suhardjo, (2008). Sendi-sendi Pokok Usaha Pertanian. Penerbit Universitas Hasanuddin, Ujung Pandang.

Rahardi, F. (2003). Cerdas Beragrobisnis. Mengubah Rintangan Menjadi Peluang Berinvestasi. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Rasyaf, M. (1995). Pengelolaan Usaha Peternakan Ayam Pedaging. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

________¬_. (2000). Manajemen Peternakan Ayam Broiler. Penebar Swadaya, Jakarta.

_________. (2002). Beternak Ayam Pedaging. Kanisius, Yogyakarta.

_________. (2003). Memasarkan Hasil Peternakan. Penebar Swadaya, Jakarta.

Said, E.G dan Intan A. H. (2000). Manajemen Agribisnis. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sodiq, A. dan Abidin, Z. (2002). Penggemukan Sapi Potong. PT. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Soekartawi, Soeharjo, A, Dillon, J.L dan Hardaker, J.B. (1986). Usaha Tani dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Soekartawi. (1995). Analisis Usaha Tani. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Soekartawi. (2003). Agribisnis, Teori dan Aplikasinya. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Sugiono. (2002). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Sukirno, S. (1998). Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Edisi Ketiga. Radja Grafindo Persada, Jakarta.

Swastha, B dan Sukotjo, I. (1997). Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Liberty, Yogyakarta.

Umar, H. (2002). Riset Perilaku Konsumen Jasa. PT. Ghalia Indonesia, Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.