DISTRIBUSI KOMUNITAS PADANG LAMUN (Seagrass) DI PERAIRAN TANJUNG GOSALE KECAMATAN OBA UTARA KOTA TIDORE KEPULAUAN

Muhammad Said Alhaddad, Salim Abubakar

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan adalah mengetahui distribusi jenis pada habitat dekat mangrove, habitat diantara mangrove dan terumbu karang serta habitat dekat terumbu karang, untuk mengetahui kepadatan, keanekaragaman jenis, dominasi jenis dan kemerataan jenis lamun pada habitat dekat mangrove,  habitat diantara mangrove dan terumbu karang serta habitat dekat terumbu karang, mengetahui persentase tutupan lamun di perairan tanjung Gosale Desa Guraping Kecamatan Oba Utara. Hasil penelitian diperoleh komposisi dan distribusi jenis lamun yang tumbuh di perairan Tanjung Gosale pada habitat diantara hutan mangrove dan terumbu karang yaitu sebanyak 5 jenis yaitu Thalassia hemprichii, Enhalus acoroides, Halopila minor, Halodule pinifolia dan Syringodium isoetifolium, selanjutnya habitat dekat hutan mangrove dengan komposisi jenis sebanyak 4 jenis yaitu Thalassia hemprichii, Enhalus acoroides, Halopila minor dan Halodule pinifolia. Sedangkan habitat yang memiliki komposisi jenis sedikit yaitu habitat dekat terumbu karang sebanyak 1 jenis yaitu Enhalus acoroides. Kepadatan jenis lamun lebih tinggi pada habitat diantara mangrove dan terumbu karang  dan terendah pada habitat dekat terumbu karang. Kepadatan jenis lebih tinggi terdapat pada jenis Thalassia hemprichii. Pola penyebaran menunjukkan semua jenis lamun yang menempati semua habitat memiliki pola penyebaran yang sama yaitu mengelompok. Sedangkan keankeragaman jenis lamun pada habitat dekat mangrove dan diantara mangrove dan terumbu karang tergolong sedang dan tidak ada jenis yang mendominasi serta penyebaran tiap jenis lebih merata. Sedangkan persentase luas tutupan lebih tinggi pada habitat diantara mangrove dan terumbu karang sedangkan terendah pada habitat dekat terumbu karang.

 

 

Kata Kunci : Distribusi, Keanekaragaman, Persentase tutupan lamun

References


Abdullah, R.M. 1996. Tinjauan Tentang Komunitas Rumput Laut (Seagrass) di Pesisir Pantai Tongkaina Kotamadya Manado. Skripsi. Facultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat. Manado.

Columpong, H.P dan Menez, J. W. 1997. Field Guide to the Common Mangrove, Seagrasses and Algae of the Philippines. bookmark Inc

Dahuri, R. 2003. Keanekaragam Hayati Laut.

A s e t P e m b a n g u n a n B e r k e l a n j u t a n Indonesia. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Dahuri, R. J, Rais, S.P. Ginting dan M.J. Sitepu. 2001. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.

Edmund, P., G., and Short, F, T. 2001. World Atlas of Seagrass. UNEP. WCMC. California.

English, S., Wilkinson, C and Baker, V. 1997. Survey Manual for Tropical Marine Resources. ASEAN-Australia Marine Science Project: Living Coastal Resources.

Krebs, C.J. 1989. Ecological Methodology. Second Edition. The University of British Colombia.

Ludwig, E.J, and Reynolds. 1988. Statistical Ecology A Primer in Methods and Computing. John Wiley and Sons. New York.

Masinambow, I. A. L. 2004. Komunitas Rumput Laut (Seagrass) di Perairan Pantai Tongkaina Kecamatan Bunaken Kota Manado. Skripsi. FPIK Unsrat. Manado.

Nontji, A. 2005. Laut Nusantara. Penerbit Djambatan. Jakarta.

Nybakken, J.W. 1998. Biologi Laut (Suatu Pendekatan Ekologis). Gramedia. Jakarta.

Odum, E.P. 1996. Dasar-dasar Ekologi. Edisi Ketiga. Diterjemahkan oleh Ir. T. Samingan,M.S c . Gadjah Mada Universitas Press. Yogyakarta.

Short, F.T, Mckenzie, L.J. Coles, R.G., Gaeckle, J.L. 2004. SeagrassNet Manual for Scientific Monitoring of Seagrass Habitat. Wester Pacific Edition.

Soegiarto, A. 1994. Ekologi Kuantitatif. Penerbit Indah. Surabaya.

Supriharyono. 2002 . Pelestarian dan Pengelolaan Sumberdaya Alam di Wilayah Pesisir Tropis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 246 hal.

Wibisono, M.S. 2005. Pengantar Ilmu Kelautan. Penerbit PT. Gramedia Widiasarana. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33387/tk.v5i1.789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TECHNO: JURNAL PENELITIAN




-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

           

        

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
TECHNO: Jurnal Penelitian
Published by: LPPM Universitas Khairun
Addres : Jalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara, Email: techno@unkhair.ac.id | URL: http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/Techno 

 


Techno Jurnal Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.