EXPLORING STUDENTS’ LISTENING SKILLS THROUGH SHORT MOVIES

Naniek Jusnita, Agus Supriyadi, Suratman Dahlan, Wahdania Mohdar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimak mahasiswa melalui film pendek semester IV program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Khairun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tes dan angket digunakan untuk mengumpulkan data. Peneliti memberikan tes untuk mengetahui hasil menyimak siswa dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran menyimak menggunakan film pendek. Peneliti memberikan sepuluh pertanyaan pilihan ganda dan lima belas pernyataan kepada 25 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak mereka baik. Hal ini terlihat dari yang pertama: ditinjau dari 2 siswa (8%) kategori sangat baik, 17 siswa (68%) dalam kategori baik, 4 siswa (16%) dalam kategori cukup dan 2 siswa (8%) dalam kategori rendah. Secara keseluruhan, nilai siswa adalah 1,781 dan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 71,24, hal ini termasuk dalam kategori nilai baik. Kedua: hasil pengumpulan data menggunakan angket pada pernyataan (i) dan (ii) dengan pernyataan negatif, ada sebelas sampai dua belas (44-48%) siswa memberikan tanggapan cukup baik. Sedangkan pada pernyataan (iii) sampai (x) pernyataan positif, tiga sampai sepuluh (40-64%) siswa memberikan respon yang baik. Dari hasil tersebut rata-rata siswa mendapat nilai dalam kategori baik dan hasil angket menunjukkan beberapa siswa memberikan respon yang memuaskan. Dengan demikian, keterampilan menyimak berdasarkan film pendek pada mahasiswa semester IV tergolong baik.

Kata Kunci


Keterampilan menyimak; film pendek

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assaf, A. H. 2015. The Difficulties Encountered by EFL Learners in Listening.

Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gebhard, Jerry G. 2000. Teaching English as a Foreign or Second Language. United States of America: The University of Michigan Press.

Hamouda, A. 2013. An investigation of listening comprehension problems encoutered by Saudi students in the EL listening classroom. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 2(2), 113-155.

Harmer, Jeremy. 2001. The Practice of English Language Teaching. Malaysia: Longman.

Helgesen, M. 2003. Listening in Practical Language Teaching. Edited by David Mery. 2011. Rule nineteen: Short movie. Ampas. Retrieved 2011. 03-3.

Nasution. 2005. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Nunan. McGraw-Hill.

Ozbay, M. 2016. Anlama teknikleri: II dinleme egitimi. An-kara: Oncu Kitap.

Rost, M. 2002. Teaching and Researching Listening. London, UK: Longman.

Siregar, Sofyan. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan manual dan Aplikasi SPSS Versi 17, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Short Movie Kisdobos. 2017. ISL Language Collection: The boy who learned to fly|Usain Bolt|https://youtu.be/6b03jWW70kc.

Tyagi, B. 2013. Listening : An Important Skill and Its Various Aspects. The Criterion An International Journal in English. 12, 1-8.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.bilingual.v11i2.3998

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

EDITORIAL OFFICE:

Gedung FKIP Universitas Khairun, Jl. Bandara Baabullah Kelurahan Akehuda Kota Ternate Utara, 97728

2088-2858 (media cetak)

2774-9681 (media online)

Kontak Person: Saiful Latif (+62 813-4031-4232)

Our Journal has been indexed by:

      

STATISTIK PENGUNJUNG

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.