PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Rosita Wondal

Sari


Computer Assisted Instruction (CAI) merupakan media berbasis komputer yang digunakan untuk menyajikan materi pembelajaran, sedangkan hasil belajar siswa merupakan  kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, sedangkan desain penelitian adalah eksperimen dan kontrol tipe post-test dan pre-test kelompok ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Kota Ternate dengan jumlah siswa 40 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan gerak pada tumbuhan dengan nilai thit> ttab atau 2.53 > 2.093, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan nilai belajar siswa pada pokok bahasan gerak tumbuhan sebesar 41.7% dan tanpa menggunakan media pembelajaran CAI sebesar 18.9%.

 

Kata Kunci: Media pembelajaran, CAI, hasil belajar, muhammadiyah, gerak tumbuhan


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v3i2.104

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.