ANALISIS STRUKTUR VEGETASI PADA HABITAT KUPU-KUPU Papilio ulysses DI PULAU KASIRUTA

Hasnah Ahmad, Chumidach Roini, Sarmi Ahsan

Sari


Vegetasi merupakan  kumpulan tumbuh-tumbuhan  yang terdiri dari berbagai macam jenis dan hidup bersama-sama pada suatu tempat. Dalam mekanisme kehidupan bersama tersebut  terdapat  interaksi  yang  erat,  baik  diantara  sesama  individu  penyusun  vegetasi maupun dengan organisme lainnya sehingga merupakan suatu sistem yang hidup dan tumbuh serta dinamis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur vegetasi pada habitat  kupu-kupu Papilio  ulysses.  Objek  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  yaitu  seluruh  vegetasi  yang teramati pada habitat kupu-kupu Papilio ulysses dan Pengumpulan data vegetasi dilakukan dengan metode plot, data vegetasi yang di ambil meliputi vegetasi tingkat semai, pancang, tiang, dan  pohon.

Dari hasil penelitian berdasarkan struktur vegetasi pada habitat kupu-kupu Papilio ulysses di desa Kakupang dan desa Doko, ditemukan 16   jenis tumbuhan yang   tergolong dalam 12 family. Tumbuhan yang termasuk dalam family Piperaceae yaitu Piper aduncum L, yang tergolong kedalam family anacardium yaitu Dracontomelum Merr, jenis Somoloae sp dan Mangifera indica, yang tergolong family Rubiaceae yaitu Musaeda sp, yang tergolong Bytneriaceae yaitu Theobroma cacao, yang tergolong family Meliaceae yaitu Lansium parasiticum, family Verbenaceae yaitu Gmelina arborea, family Burseraceae yaitu Canarium commune L, family hamaliumceae yaitu Homalium foetidum, family Moraceae yaitu Ficus benjamina, family Sapindaceae yaitu Nephilium lappaceum dan yang tergolong dalam family Denstaedtiaceae yaitu Orthioptheris sp, family Poaceae yaitu Pogonatherum crinitum, Penisetum purpureum, Ischaemum muticum, dan Imperata arundinaceae.

Kata kunci : Struktur Vegetasi, Habitat, Papilio ulysses


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.