PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

Suparman Suparman, Rosita Wondal, Susilawati Djamrud

Sari


Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif, dengan siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4–6 orang secara heterogen dan bekerjasama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Sahu, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pada materi pencemaran lingkungan. Hasil dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN I Sahu tahun pelajaran 2013/2014 pada materi pencemaran lingkungan. Presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 51,82% meningkat menjadi 83,32% pada siklus II. Sedangkan presentase ketuntasan belajar pada siklus I di peroleh  nilai rata-rata  16,85  %  kemudian  meningkat  dengan  nilai rata-rata tes  siklus  II yaitu  81,45%. Sedangkan nilai presentase aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan model jigsaw pada siklus I mencapai 90,47% dan siklus II mencapai 100%.

 Kata kunci: jigsaw, SMPN 1 Sahu, pencemaran lingkungan


Kata Kunci


Jigsaw; SMPN 1 Sahu; pencemaran lingkungan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Slavin, R.E. 1998. Educational Psychology: Theory and Practice. Fourth Edition. Boston : Allyn and Bacon.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative learning Theory, Research and Practice. Bandung 2nd Ed. Media

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & B. Bandung Alfabeta, CV.

Uzer, Usman, Moh dan Lilis Setiawati. 2002. Upaya Optimalisasi Kegiatan belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Winataputra, S. Udin, dkk. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.

Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v2i1.63

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.