Analisis Kegiatan Meronce Menggunakan Tutup Botol Bekas Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun

Bahran Taib, Umikalsum Arfa, Hasni Hasbin

Sari


Abstrak: Adapun salah satu kegiatan yang dapat diterapkan dalam pembelajaranpengembangan kemampuan motorik halus yaitu dengankegiatan meronce. Meronce adalah merupakan cara pembuatan benda hias atau benda pakai yang dilakukan dengan menyusun bagian-bagian bahan berlubang atau sengaja dilubangi memakai bantuan benang, tali dan sejenisnya, Penggunaan media meronce dalam kajian ini dengan memanfaatkan berbagai macam tutup botol bekas. Kajian ini bertujuan menganalisis kegiatan meronce terhadap keterampilan motorik halus dan membantu guru dalam penggunaan media pembelajaran khususnya pada kegiatan meronce. Dalam kajian ini  penulis menggunakan metode dengan  pendekatan studi literatur yangmerupakan penelitian dengan pengumpulan data pustaka, buku-buku, serta artikel atau jurnal yang sudah dipublikasikan terkait dengan judul kajian ini. Selain itu kegiatan meronce menggunakan tutup botol bekas dalam mengembangkan motorik halus, memudahkan anak dalam mengoptimalkan koordinasi mata dan tangan, kecermatan serta kecepatan pada pengembangan keterampilan motorik halus anak usia dini 5-6 tahun.

Kata Kunci: Meronce, Keterampilan, Motorik Halus


Kata Kunci


Meronce, Keterampilan Motorik Halus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amurwaningsih Lela Lavita & Hasanah Nor Izatil. 2018. Pengaruh Meronce Dengan Media Tutup Botol Bekas Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok B Paud Terpadu Ar-RahmahKertak Hanyar Kabupaten Banja.(Diakses pada tanggal 6 juli 2020).

Bakti Arum Mumpuni. 2014 .Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Menggunakan Bahan Tanah LiatKelompok B Tk Yayasan Masyithoh Beran Bugel Kulon Progo.(Diakses pada tanggal 28 April 2020).

Endayanti, S. 2013. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Kelompok B Masjid Syuhada. Skripsi Universitas Yogyakarta.

Fahkruddin, Umar, A. 2018. Sukses Menjadi Guru Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Fitrianingsih Dwi & Mila Karmila . 2013. Upaya Meningkatan Konsentrasi Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Kelompok B Tk Pamekar Budi Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.(Diakses pada tanggal 22 April 2020).

Gusti Ayu Mulyawartini 2019. Melalui Kegiatan Meronce Bentuk danWarna Dapat Meningkatkan Kemampuan MotorikHalus Anak Pada Kelompok B TK Harapan Melayu, Jurnal vol 1 nomor 1 Agustus 2019. (Diakses pada tanggal 22 April 2020)

Handayani. 2016, Keterampilan Meronce Anak Kelompok B TK Gugus 2 Kecematan Kokap. Skripsi Juni 2016. (Diakses pada tanggal 28 April 2020).

Kusnita Erna. 2017. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Dengan Media Manik-Manik Di Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Bromo Medan. Jurnavolume 7 no. 1 juni 2017. (Diakses pada tanggal 6 juli 2020).

Nihayaturrohmah. 2019. Implementasi Kegiatan Meronce Dengan Bahan Bekas Dalam Mengoptimalkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Di TAba Ngabean 1 Tempel Sleman. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. (Diakses tanggal 22 april 2020).

Nurbaiti. 2018. Mengembangkan Kemampuan Motorki Halus Melalui Kegiatan Meronce Dengan Bahan Alam Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita 03 Padangan Kecematan Ngantru Kabupaten Tulung Agung. Skiripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri 2017. (Diakses pada tanggal 28 April 2020).

Murdiana Fitria. 2018. Proses mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia dini di Tk SBM Insan Globalisasi Lampun.Skipsi Universitas Ilam Negeri Raden Intan Lampung 2018.(Diakses pada 28 april 2020).

Pamadhi Hajar, dan Sukardi S. 2014. Seni Keterampilan Anak. Tangerang: Universitas Terbuka

Putri SeptianAwallya. 2018. Mengembangkan MotorikHalus Anak Melalui Pemanfaatan Media Bahan Bekas Koran di TK Kartika Fajar Baru Jati Agung Lampung Selatan,skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta 2018. (Diakses pada tanggal 22 april 2020).

Rosida. 2017. Skripsi Pengembangan Fisik Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Dengan Media Tutup Botol B Hias di Kelompok A Ba Aisyiyah Repaking Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyololi. Skripsi Institut Agama Islam Negeri2018. (Diakses pada tanggal 28 April 2020).

Rahayu Tri Anik. 2015. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Bahan Alam Pada Anak Kelompok B TK PKK Selodono.Universitas Nusantara PGRI Kediri 2015.(Diakses pada tanggal 6 juli 2020).

Risaldy, Sibil 2015. Manejemen Penggelolaan Sekolah Dini. Jakarta timur: PT Luxima Metro Media.

Shantrock, Jhon, A. 2007. Perkembangan Anak. Erlangga: PT Gelora Aksara Pratama

Wiyani, A, Novan. 2015. Manajemen Paud Bermutu. Yogyakarta: Gava Media

Wulandari. 2018. Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B1 Kartika VII-3 Singaraja Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 3, Oktober 2018. (Diakses pada tanggal 28 april 2020




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2168

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara