Aktivitas Meronce Dengan Media Tangkai Ubi Kayu Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak

Nur Sila, Bujuna Alhadad, Andi Agustan Arifin

Sari


Abstrak: Kegiatan meronce dengan media tangkai ubi kayu pada kemampuan berhitung, awal anak merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak melalui kerja sama dengan orang tua anak dan untuk meningkatkan pelaksanaan perencanaan program dengan lebih tepat lebih baik membuat sesuatu yang baru atau memodifikasi yang sudah ada. Teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi dan untuk analisis datanya menggunakan metode analisis isi. Hasil analisis bertujuan bahwa kegiatan meronce dengan media tangkai ubi kayu bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak terkait kemampuan berhitung yaitu pembelajaran konsep bilangan.

Kata Kunci: Kegiatan Meronce, Tangkai Ubi Kayu, Keterampilan Berhitung


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini Adityasari, 2013. Main Matematika Yuk. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Arikunto. S. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Akhmad Solihin. 2014. Fungsi dan Manfaat Bermain Balok (Online). Tersedia:http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/2014/10/fungsi-dan-manfaat-bermain-balok-block.html. Diakses tanggal 01 Juni 2016

Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Corebima, AD, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Ternate: LepKhair

D. Ramadina. 2019. Kemampuan mengenal konsep bilangan menggunakan media meronce pada anak usia dini di TK Pertiwi Disbun Pontianak’

htpp://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/JME/artikel

Fajarwati Elli, 2009 Hubungan Antara Alat Permainan Balok dengan Kreativitas Anak TK

Freeman dan Munandar. 1997. Bermain dan Belajar. Jakarta: PT Grasindo

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Adtya Bakti

Hani Nurhanifah, 2015 Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Kegiatan Meronce Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu. Perpustakaan.Upi.Edu

Kemp, J.E. & Dayton. D.K. 1985. Planning and Producing Instrutional Media (Fifth Edition)â€.New York: Harper & Row. Publishers

Mardiyana. 2014. Pengaruh kegiatan meronce terhadap kemampuan mengenal polapadaanakkelompok A di TK Wifa’ Program Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Moeleong, L.J. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurfadilah.2014. Mengenal Huruf Hijaiyah dengan Permainan yang Menyenakan untuk Anak Taman Kanak-Kanak.(Online).

http://tkalirsyadpwt.blogspot.co.id/2014/03/mengenal-huruf-hijaiyah-dengan-berbagai.html. Diakses pada 01 Juni 2016

Rusmayadi Herman.2016.Sumber Belajar Materi PLPG 2016/ Mata Pelajaran Atau Keahlian Guru Kelas TK.

Sadiman, Arief S. 1993. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudjana, N. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sudarna. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakterâ€. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sunarto, 2016. Pengaruh Meronce Manik-Manik Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 7-8 Tahun, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2016

Sukartinidkk.2019.Upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan dengan permainan meronce. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara PAUD-038. Jurnal.stkipkusumanegara.ac.id

Smaldino, Sharon E.; Deborah L. Lowther; dan James D. Russell. 2011. “Intructional Technology and Media For Learning (Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar)†Diterjemahkan oleh Arif Rahman. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Susilana, Rudi. 2009. Sumber Belajar dalam Pendidikan. Dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bagian II : Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama

Sukandarrumidi, 2012, Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis Untuk Penelitian Pemula). Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional

Zed, Mestika, 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2183

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara