Kajian Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini

Nurhamsa Mahmud, Andi Agustan Arifin, Listanti Mou

Sari


Abstrak: Strategi merupakan penentuan suatu tujuan jangka panjang dari suatu lembaga dan aktivitas yang harus dilakukan guna mewujudkan suatu tujuan tertentu, disertai alokasi sumber yang ada sehingga tujuan dapat diwujudkan secara efektif dan efesien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan studi literatur (library reseach). Menurut Zeed Mestike (2014) menyatakan bahwa metode penelitian dengan pendekatan study literatur merupakan penlitian yang serangkaian kegiatannya dengan metode pengumpulan data pustaka, buku-buku, serta tulisan yang terkait dengan judul penelitian ini. Penelitian kajian literatur yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pendidikan bisa dianggap berhasil dan bermutu apabila kemampuan dan sikap yang dimiliki anak berguna bagi perkembangan selanjutnya, sedangkan mutu dapat ditingkat­kan apabila proses belajar yang diselenggarakan sesuai dan menunjang pencapaian tujuan. Strategi peningkatan mutu pendidikan pada anak usia dini direkomendasikan dapat dilakukan dengan strategi yang menekankan pada proses (the process oriented strategy).

Kata kunci: Strategi, Mutu Pendidikan


Kata Kunci


Kreativitas Menggambar, Kegiatan Menggambar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bungai Joni, 2008, Peningkatan Pemerataan, Mutu, Relevansi, Tata Kelola Dan Akuntabilitas Pendidikan Taman Kanak-Kanak Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 15, Nomor 2, Juni 2008, hlm. 74-81

Djamarah Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas, 2007Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka

Emosda, 2012. Penanaman Nilai-nilai Kejujuran dalam Menyiapkan Karakter BangsaVol. X, No. 1, Januari-Juni 2012. Skripsi Universitas Jambi

Kusnandi, 2017 Konsep Dasar dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan , Indonesian Journal of Education Management and Administration Review. 2017 December, Volume 1 Number 2.

KEMENDIKBUD, 2016 Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Ministry Of Education And Culture Pusat Data Dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan Center For Educational Data And Statistics And Culture 2016, -Jakarta: MoEC, https://bulelengkab.go.id/assets/instansikab/126/bankdata/indonesia-educational-statistics-20152016-72.pdf.

Hasibuan Malayu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Habibi Yuliana, Srifariyati, Hafiedh Hasan, Muhamad Rifa’i Subhi 2017. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligence Jurnal Madaniyah, Volume 7 Nomor 2 Edisi Agustus 2017 ISSN (printed) : 2086-3462

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mufarokah Anissatul, 2009. .Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2264

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara