Analisis Penggunaan Media Papan Planel untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Rantai Makanan di Sekolah Dasar

Zulhulaifah M.H, Selvi Wulandari

Sari


Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan planel untuk meningkatkan minat belajar pada materi rantai makanan di Sekolah Dasar. Dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan jurnal-jurnal ilmiah yang dianggap relevan dengan variabel penelitian yaitu media papan planel, minat belajar dan materi rantai makanan. Kemudian disajikan dan dianalisis serta diolah supaya ringkas dan sistematis. Dalam penelitian studi pustaka (library research), terdapat dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu peneliti menggunakan tiga cara analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data/verifikasi. Hasil penelitian yang dikaji berdasarkan penelitian terdahulu yang dianggap relevan terkait dengan variabel yang diteliti, tentang analisis penggunaan media papan planel untuk meningkatkan minat belajar anak pada materi rantai makanan di Sekolah Dasar. Berdasarkan analisis yang dilakukan terdapat pengaruh terhadap meningkatnya minat belajar anak pada materi rantai makanan dengan menggunakan media papan planel.

 

Kata Kunci : Media Papan Planel, Minat Belajar, Rantai Makanan

 

Abstract: This study was conducted with the aim of knowing the effect of using the planel board media to increase interest in learning about food chain materials in elementary schools. The type of research used is library research. The data collection technique in this research is to collect scientific journals that are considered relevant to the research variables, namely the media of planel boards, learning interests and food chain materials. Then it is presented and analyzed and processed so that it is concise and systematic. In library research, there are two sources of data, namely primary data sources and secondary data sources. The data analysis technique used is the researcher uses three methods of qualitative data analysis, namely data reduction, data presentation, and data conclusion/verification. The results of the research that were reviewed were based on previous research that was considered relevant related to the variables studied, regarding the analysis of the use of planel board media to increase children's learning interest in food chain materials in elementary schools. food using a planel board media.

 

Keywords : Planel Board Media, Learning Interest, Food Chain Rantai


Kata Kunci


Media Papan Planel; Minat Belajar; Rantai Makanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, R. 2016. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Papan Planel Terhadap Tindakan Mencuci Tangan Dengan Air Bersih Dan Sabun Pada Anak Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Surabaya: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Niversitas Muhammadiyah Surabaya.

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Fitria, W. & Handayani, E. D. (2017). Pengembangan Papan Planel Tema Pekerjaan Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Vol (11), No (2), Hal (106).

Kustandi, C. dan Sutjipto, B. 2013. Media Pendidikan ; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Miles, M. dan Huberman M. 2017. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Natsir, M. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prahmadita, A. D. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Anak untuk Mengikuti Ekstrakulikuler Drumbanddi SMP Negeri 1 Sleman. Fakultas Bahasa dan Seni. Yokyakarta: Universitas Negeri Yokyakarta.

Rahayu, P. & Paksi, H.P. 2018. Pengembangan Media Papan Planel Berputar untuk Membantu Guru Memahamkan Materi Dampak Globalisasi Terhadap Anak SD. JPGSD. Vol (6), No (4), Hal (546).

Rohmatun, A. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Daur Hidup Hewan Melalui Model Pembelajaran Scramble dengan Media Papan Planel Pada Anak Kelas IV di Mi Ma’arif Sraten Tahun Pelajaran 2019/2020. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan (FTIK).

Rusman. 2017 Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Sadiman, A. S. Dkk, 2010, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Depok: Rajawali.

Sanaky, H. A. H. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba.

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Yulistia, I. 2019. Penggunaan Media Papan Planel Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Alam Baradatu Waykanan. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i2.3632

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara