Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bernyanyi di RA Al-Ikhlash

Ajeng Sri Wahyuni

Sari


Masa kanak-kanak merupakan tahap awal dari proses berkembang seseorang yang berada di fase utama atau dikenal dengan masa golden age, segala bentuk kemampuan yang terdapat pada diri anak dapat dikembangkan pada masa ini.  Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara sistematis agar anak dapat menerima rangsangan secara insentif untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki dan pendidikan anak usia dini adalah upaya pendidik maupun orang tua untuk merawat dan mengasuh anak. Metode bernyanyi merupakan salah satu kegiatan efektif yang dapat dijadikan sebagai upaya pengembangkan aspek bahasa anak usia dini. Setiap lagu yang dinyanyikan mengandung banyak makna juga manfaat, seperti dalam aspek bahasa, pembiasaan, kognitif, seni, ataupun kegiatan fisik motorik. Penelitian ini berfokus bukan hanya pada stimulus perkembangan bahasa anak saja, akan tetapi melihat bagaimana respon dari diri anak terhadap kegiatan bernyanyi yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak tersebut.

Kata Kunci


Kanak-kanak; Pendidikan Anak Usia Dini; Bernyanyi; Respon

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Amalia, E. R. 2018. Mengasah Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.207

Dewi, N. S., & Aulina, C. N. 2021. Penerapan Kegiatan Bajumput (Membatik Jumputan) Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 18–27. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/9251

Fertiliana Dea, L., Setiawan, A., & Asmiyati, L. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Menggunakan Media Kartu Gambar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–64. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.6

Kamtini, K., & Sitompul, F. A. 2019. Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295

Khafifah, N. R. 2020. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dengan Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31219/osf.io/kewy3

Khaironi, M. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Muhiyatul Huliyah. 2016. Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini Jalur Pendidikan Informal. Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(1), 61–62.

Munawaroh, H., Imroatun, I., & Ibrohim, B. 2020. Upaya Peningkatan Rasa Percaya Diri AUD Melalui Kegiatan Bernyanyi di Depan Kelas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i2.2444

Sumiatun, Koesmadi, D. P., & Wijayanti, A. 2021. Peningkatan Gizi Seimbang Melalui Kegiatan Kreasi Makanan. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 178–183. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1305

Zahro, I. F. 2015. Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i2.4501

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara