Literasi Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Papan Kata Di TK Mekar Wangi Desa Botubarani

Nur Anisa Abdul Wahab, Herwin Ida Monika, Cindra E Idirani, Pupung Puspa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media papan kata pada anak Kelompok A di TK Mekar Wangi. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan menggunakan model penelitian Kuntitatif yang dilakukan dalam dua siklus.pada siklus I sebanyak 5 kali tindakan dan siklus 2 sebanyak 3 kali tindakan, dengan kriteria keberhasilan 75%. Setiap siklus pada setiap pertemuannya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu 17 anak kelompok A. objek penelitian yakni kemampuan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang berbentuk check list. Indikator yang diteliti yakni indikator kemampuan menyebutkan lambang bunyi huruf, indikator menyebutkan fonem yang sama, dan indikator membaca kata. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media papan kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pemulaan. Pada tahap pra tindakan persentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai persentasi 28,21%. Pada pelaksanaan Siklus I persentase yang dicapai sebesar 50,78%, dan pencapaian kemampuan membaca pemulaan pada siklus II sebesar 75,83%. Peningkatan dari pratindakan ke Siklus I sebesar 23,76% dan peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 24,86%. Ber-dasarkan data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media papan kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A di TK Mekar Wangi di Desa Botubarani. Kata Kunci: Media Papan Kata, Membaca Permulaan, Anak usia 4-5 tahun  

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lathipah Hasanah, Aini Nurhasanah. (2018). Kemampuan Membaca Permulaan Melalaui Penggunaan Media Papan Flanel Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia. Vol.2 No. 1 Juni 2018, page 12-22

Panesa Erniawati, Isti Rusdiyani. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA BIG BOOK. JPP PAUD UNTIRTA. VOL. 5 NO. 1 MEI 2018

Asdi Wirman, Yulsyofriend, Yaswinda, Andriana Tanjung. (2018). Pengunaan Media Moving Flahscard untuk Stimulasi Kemampuan Leterasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Early Childhood. Vol. 2 No. 2b.

Ellyn Anjarwati. (2019). Capaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Al Ikhlas Bandungrejo Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 5 Tahun.

Michaela Zebada Faustina Agrippine Amahorseya, Gunarti Dwi Lestari. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Flashcard dalam Mengembangkan Literasi Anak Usia Dini di TPA Anak Mandiri Surabaya. J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah. Volume 11 Number 1. Pp 82-91.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.5557

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara