Strategi Pembelajaran Anak Disleksia Di SDN 44 Kota Ternate

Aisia Ade, L Firman Nawa, Rahma Rajak, Putri A Ilham, Wilda Syam Tonra

Sari


Disleksia adalah kesulitan khusus dalam belajar membaca, yang sering didiagnosis di sekolah dasar. Kesulitan-kesulitan tersebut mempengaruhi perkembangan belajar siswa selanjutnya. Memahami keadaan siswa dan menyesuaikan metode pembelajaran menjadi poin penting dalam mengembangkan pembelajaran siswa. Oleh karena itu, diperlukan beberapa strategi pembelajaran efektif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa penyandang disleksia khususnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran yang digunakan tim peneliti adalah: Metode multisensori. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa yang berisiko mengalami disleksia meliputi: emosi anak yang labil, kurangnya perhatian orang tua, lebih banyak waktu bermain daripada belajar. (3) Anak dengan ketidakmampuan belajar terkait disleksia memiliki ciri-ciri sebagai berikut: lambat menulis dan membaca, bingung membedakan b dan p dan sering salah mengucapkan kalimat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Majid, Strategi Pembelajaran (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)

Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta:PT.Rineka Cipta

Basam, F., & Sulfasyah, S. (2018). Metode Pembelajaran Multisensori VAKT Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa Kelas II. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 18– 24.

Bhatnagar, S.C. Mandybur, G.T., Buckingham,H.W, & Andy, O.J.( 2000). Language Representation in the human brain: Evidence for Cortical Mapping. Brain & Language, 74, 238- 259.

Cahyana, C., Hidayati, H., Sanjaya, M. B., Pangestu, A. S., Sundawa, A. A., & Aritakalam, A. (2021). Leady: A Multisensory Approach in Mobile Application for Dyslexic Children. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 15(1), 31–39. https://doi.org/10.21512/COMMIT.V15I1. 6661

Dibazar, M., & Panahali, A. (2020). Comparison of the effectiveness training of multisensory Fernald and Everton method on improving dyslexia in dyslexic students in elementary school. Rooyesh-e- Ravanshenasi Journal(RRJ), 9(8), 101–110. http://frooyesh.ir/article-1-2063-en.htm

Elbro,C,(2010). Dyslexia as Disability or Handicap; When does Vocabolary Matter?. journal of learning disabilities 43:469 – 478

Hafni, N., Lutfiana, F., & Safitri, E. (2020). Implementasi Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Baca Tulis Alquran Pada Anak Disleksia Dan Autis Di Sekolah Khusus Taruna Alquran Yogyakarta. At Thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 2(2), 475–483. https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/18604

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Cipta Irdamurni, Kasiyati, Zulmiyetri, Johandri Taufan, 2018. The Effect of Mingle Model to Improve reading Skills for Students With Dyslexia in primary school;Journal of ICSAR, vol 2, no 2, pp 167 - 170 , Juli 2018.

Irdamurni, Noviana, 2013. Prevalensi Anak Berkesulitan Belajar di Kota Padang. Laporan Penelitian. Tidak diterbitkan

Martini Jamaris. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia

Mediana Simanjuntak, G., Widyana, R., & Astuti, K. (2020). Pembelajaran Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra-Membaca Pada Anak Usia PraSekolah. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 51–54. https://doi.org/10.17509/CD.V11I1.21082




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.5725

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara