Hubungan Motivasi Dengan Tingkat Produktivitas Kerja Guru Di Gugus Ternate Tengah

Sarina Lukman, Rosita Wondal, Nurhamsa Mahmud

Sari


Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan tingkat produktivitas kerja guru PAUD. Penelitian dapat dilaksanakan di Gugus Ternate Tengah terdapat tiga lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yaitu; Pada PAUD Telkom, TK Kemalah Bhayangkari, dan TK Adhyaksa XXXV. Adapun penelitian dapat menggunakan pendekatan metode kuantitatif analisis statistik serta menggunakan uji korelasi pearson prouct moment dengan aplikasi SPSS versi 20. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 seorang guru. Berdasarkan hasil penelitian dan uji statitik penelitian ini dapat menunjukan bahwa terdapat korelasi atau hubungann antara motivasi dengan tingkat produktivitas kerja guru PAUD (0,001<0,05) ini memiliki korelasi. Derajat hubungan dari dua variabel motivasi kerja guru dengan produktivitas kerja guru yaitu sedang dengan bentuk hubungan positif (0,591). Dengan demikian jika motivasi guru baik. Maka produktivitas kerja guru juga tinggi atau dikatakan baik.

Kata Kunci


Motivasi, Kerja Guru PAUD, Tingkat Produktivitas,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifuddin. (2014). Dasar-dasar manajemen. Badung: Alfabta.

Fauzi, Rachmat, (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Pemberian Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat Cimahi. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasunda Bandnung

Hasibuan, M.S.P. (2003). Organisasi Dan Motivsi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Risda Herawati Simarmata (2014) "upaya peningkatan motivasi kerja guru sekolah dasar"jurnal administrasi pendidikan.2(1).564-831.

Riduwan. (2010). Pengantas statika untuk penilaian. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno Edy. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Sutikno, T.A. (2009). Indikator Produktivitas Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi dan Kejuruan, (Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya), 32 (1): 107– 118.

Titin Eka Ardianan (2017)"pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntasi SMK di kota madiun."jurnal akutasi dan pajak. 17(2):19.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.5889

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara