Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Dama Nyili-Nyili Dalam Membentuk Karakter Toleransi Pada Kelompok B TK Manuring Kota Tidore Kepulauan

Ilna Ningsi Manaf, Bahran Taib, Fatoni Achmad

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan karakter toleransi yang terbentuk dalam pembelajaran berbasis budaya lokal Dama Nyili – Nyili pada anak kelompok B di TK Manurung Kota Tidore Kepulauan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang di lapangan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis budaya lokal dama nyili – nyili dalam membentuk karakter toleransi anak telah di terapkan di sekolah TK Manurung Kota Tidore Kepulauan, dengan baik berdasarkan hasil penelitian dengan kualitifikasi 12 anak memiliki karakter toleransi yang terbentuk setelah pembelajaran berbasis budaya lokal dama nyili – nyili. Dengan demikian pembelajaran berbasis budaya lokal dama nyili – nyili dapat membentuk karakter toleransi anak.


Kata Kunci


Budaya Lokal, Karakter Toleransi, Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, O. M. (2016). Peranan Lembaga Adat Dalam Proses Enkultrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tidore Dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Karakter Remaja Di Kelurahan Soasio, Kota Tidore Kepulauan. Edukasi, Tidore 13(2).

Andriani, T. (2019). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Oleh : Tuti Andriani Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 122.

Audi, J. (2019). Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 3359(1), 63–72.

Ashar1, E. R. (2019). Pembentukan Karakter Berbasis Kearifan Lokal . Ashar1, Endang Ruswiyani2, IV (1) (2019), 2-8.S

Abd Radjak, Rahmi, and Sitti Ummi Novirizka Hasan. "Pola Pembentukan Perilaku Anak Melalui Ritual Peta Ega: Studi Deskriptif pada Budaya Masyarakat Tidore." Prophetic Guidance and Counseling Journal 2.1 (2021): 7-12.

Adhe, K. R. (2018). Penanaman Karakter Anak Usia 5-6 Tahun. (j.p DiniI, Penyunt). Kartika Rinaket Adhe, VOL 8 Edisi 2, 275-290.

Borba, Michele. (2018). Membangun kecerdasan moral: Tujuh kebajikanutama agar anak bermoral tinggi. Terj. oleh Lina Yusuf. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Diana. (2018). Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta Deepublish.

Fit Riya I, F. (2020). Upaya Guru Menumbuhkan Karakter Jujur Anak Usia Dini Di Ra Diponegoro Karangsari Karangmoncol (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Isna, Nurla. (2017). Mencetak Karakter Anak Sejak Janin. Yogyakarta: Diva Press.

Musin, Mujali (2019). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Patani, Dan Tidore Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Diss. Pascasarjana, 2019.

Rukmana, I. (2017). Pendidikan Seni sebagai Aspek-Aspek Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini (Sekolah Berbasis Budaya Lokal). Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(1), 68–77.

Rohmadi ; Kurniawan, G. F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Siswa. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, XI(1), 79–94.

Suharianta, Gede; Syahruddin, S. Pd; Renda, (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Berbasis Budaya Lokal terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 2018, 2.1.

Tanu, I. Ketut. (2017) "Pembelajaran berbasis budaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah." Jurnal Penjaminan Mutu 2.1 (2016): 34-43.

Puji Meutia dkk (2018). Dampak Bermain Game Online Terhadap Tumbuh Kembang Dan Karakter Anak. Gramedia Pustaka Utama Jakarta

(Wagiran, 2. (Oktober 2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Jurnal Pendidikan Karakter, II, No. 3/.

Warsiti, W. (2016). Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal dalam Membentuk Karakter Toleransi pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Purbalingga. Skripsi, . http://lib.unnes.ac.id/28913/1/1601411032.pdf

Wartini Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,

A. (2017). Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Keindonesiaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini Upaya Integrasi Ilmu Ke-Islaman Dan Karakter Kebudayaan Indonesia (Studi Kasus di Sanggar Anak Alam Yogyakarta). Toleransi, 7(1), 35 52. https://www.neliti.com/id/publications/40373/

Yusuf, Farida, Sidik Dero Siokona, And Jamin Safi.(2019). "Tradisi Dama Nyili - Nyili Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Tidore." Jurnal Artefak Vol 6, no. 2 (2019).

Prof.Dr.Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (untuk penelitian yang bersifat : eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). Yogyakarta: Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.5891

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara