PELAKSANAAN PEMBERIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (STUDI KASUS BANK BRI MERDEKA CABANG TERNATE)

Amin Muhammad, Basri Hamaya

Sari


Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) Ternate sebagai Bank Negara yang bergreak di bidang perbankan dan juga menjadi salah satu perusahan BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Hadirnya bank BRI memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, khusunya masyarakat kota Ternate untuk bisa hidup menjadi lebih baik dari sisi finansial. Pelaksanaan pemberian kredit usaha rakyat (KUR) dilakukan melalui beberapa tahap yaitu : tahap permohonan kredit, tahap peninjauan dan analisis kredit (tahap pemeriksaan), tahap pemberian putusan, serta  tahap pencairan kredit/akad kredit. Terjadinya kredit macet bukan hanya disebabkan oleh pihak debitur tetapi keslahan dilakukan oleh pihak bank juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kredit macet, Misalnya salah dalam menganalisa kredit, dan tidak melakukan kontroling kepada nasabah secara bertahap.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/dejure.v1i1.1416

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

de Jure : Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Official :

De Jure : Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum
Faculty of Law, Khairun University.
Jusuf Abdulrahman, Campus II, Gambesi, Ternate City, North Maluku Indonesia.
dejure.hukum@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6281343974566