UPAYA PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH GURU TERHADAP ANAK DIDIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI KASUS DI KOTA TERNATE)

Sophian Selajar, Muhammad Mufti M. Djafar

Sari


Faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan yang dilakukan guru terhadap anak didik di Kota Ternate adalah faktor emosional yang tinggi, faktor budaya yang sudah menjadi turun temurun, faktor ekonomi dan lingkungan serta faktor respon siswa. Dilihat dari dominannya faktor yang sangat berpengaruh timbulnya kekerasan yang dilakukan guru di sekolah dasar dan sekolah menegah pertama kenyataannya tidak memiliki perbedaan, sebab dari keseluruhan latar belakang kekerasan yang dilakukan guru dilihat dari faktor yang mempengaruhi sudah benar-benar terjadi. Upaya pencegahan kekerasan yang dilakukan guru terhadap anak didik di Kota Ternate, Berdasarkan hasil penelitian maka terdapat dua bentuk upaya pencegahan yakni dengan dilakukannya pembinaan, pencegahan dan penindakan, berdasarkan pada Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Sekolah.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/dejure.v1i1.1420

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License

de Jure : Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Official :

De JureĀ : Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum
Faculty of Law, Khairun University.
Jusuf Abdulrahman, Campus II, Gambesi, Ternate City, North Maluku Indonesia.
dejure.hukum@unkhair.ac.id, WhatsApp: +6281343974566