KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGANPENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYADITINJAU DARI KEMAMPUANPENALARAN, BERPIKIR KRITIS, DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKPADA SISWA SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

Ariyanti Jalal

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan pemecahan masalah model Polya ditinjau dari kemampuan penalaran, kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik dan 2) Menyelidiki pendekatan pembelajaran yang lebih efektif antara pendekatan pemecahan masalah model Polya dibandingkan dengan pembelajaran konvensionl ditinjau dari masing-masing kemampuan yaitu kemampuan penalaran, kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik pada siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu, yang terdiri atas dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Ternate. Sampel ditentukan secara acak dengan mengundi 2 kelas dari 7 kelas X pada  SMA Negeri 5 Kota Ternate. Adapun sampel yang diperoleh yaitu siswa kelas XF sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan pemecahan masalah model Polya dan  siswa kelas XB yang menerapkan pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan pemecahan masalah model Polya ditinjau dari ketiga variabel digunakan uji one samples t-test. Selanjutnya dilakukan uji Manova untuk mengetahui perbedaan keefektifan antara kedua kelompok, dan dilanjutkan dengan uji lanjut yaitu uji t sampel independen untuk menyelidiki apakah pendekatan pemecahan masalah model Polya lebih efektif dari pembelajaran konvensional ditinjau dari ketiga variabel tersebut.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendekatan pemecahan masalah model Polya efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, berpikir kritis, dan berpikir kreatif matematik siswa. 2) Pembelajaran matematika dengan pendekatan pemecahan masalah model Polya lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari masing-masing kemampuan yaitu kemampuan penalaran, berpikir kritis, dan berpikir kreatif matematik siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate pada materi Trigonometri.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.101

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

View My Stats Delta-Pi