PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA (LKM) ALJABAR BERBASIS MASALAH UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Ariyanti Jalal, Ahmad Afandi

Sari


Mata kuliah Aljabar sangat penting dan wajib diampuh oleh semua mahasiswa dikarenakan merupakan dasar untuk mempelajari mata kuliah lain. Beberapa kompetensi yang harus dicapai mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah ini adalah diharapkan dapat memahami konsep bilangan real dan operasi pernyataan aljabar, persamaan dan pertidaksamaan, fungsi aljabar dan grafiknya, suku banyak, barisan dan deret bilangan serta dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan konsep-konsep itu. Pada kenyataannya mahasiswa masih kesulitan memahami dan menyelesaikan soal-soal aljabar, baik yang berupa soal pemahaman maupun yang berbasis masalah. Salah satu kelemahan mahasiswa terutama dalam menyelesaikan soal yang berpola, menentukan solusi penyelesaian, dan menyelesaikan soal-soal pembuktian. Mahasiswa belum mampu menerapkan atau mengaplikasikan konsepkonsep aljabar untuk memecahkan soal-soal tersebut.  Adapun upaya yang dapat dilakukan oleh dosen yaitu meningkatkan aktivitas mahasiswa terutama dalam kegiatan memahami sendiri materi aljabar, tidak hanya membaca materinya tetapi menyelesaikan soal-soal latihannya khususnya soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan penalaran. Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan bahan perkuliahan berupa lembar kerja mahasiswa (LKM). LKM yang dikembangkan tidak hanya berisi informasi terkait materi aljabar tetapi memuat soalsoal kemampuan penalaran yang berbasis masalah atau problem based learning. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan perangkat 4-D (Four D Model) yang terdiri atas 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate).  Lembar kerja mahasiswa (LKM) yang sudah didesain dan dikembangkan divalidasi oleh 3 validator. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKM Aljabar berkriteria sangat baik/sesuai sehingga layak digunakan. Selain itu, setelah penggunaan LKM dalam pembelajaran Aljabar mahasiswa diberikan tes kemampuan penalaran matematik. Hasilnya menunjukkan kemampuan penalaran matematika berkriteria tinggi dengan raata-ratanya 11, 68

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v6i2.1245

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

Statistik Pengunjung