UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Satrio Wicaksono Sudarman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi peluang melalui metode diskusi kelompok kecil. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, dan setiap siklusnya dilakukan sebanyak dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan langsung, uji angket, uji soal kemampuan materi peluang. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Untuk rata-rata aktivitas siswa diperoleh peningkatan aktivitas belajar dari 57,64% pada siklus I menjadi 69,98% pada siklus II. Sedangkan untuk rata-rata motivasi siswa diperoleh peningkatan motivasi belajar yang tergolong mempunyai motivasi tinggi yaitu dari 27,78% pada siklus I menjadi 63,89% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar diperoleh peningkatan dari 54,03% pada Pra PTK menjadi 62% pada siklus I dan 72,78% pada siklus II. Untuk siswa yang tuntas belajar meningkat dari 41,67% pada Pra PTK menjadi 72,22% pada siklus II. Berdasarkan Hasil pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 12,34% yaitu dari 57,64% pada siklus I menjadi 69,98% pada siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil meningkatkan Motivasi belajar matematika siswa pada kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatan Motivasi belajar siswa yang tergolong mempunyai motivasi tinggi sebesar 36,11%  yaitu dari 27,78% pada siklus I menjadi 63,89% pada siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan suku banyak yaitu sebesar 18,75% dari 54,03% pada Pra PTK menjadi 72,78% pada siklus II. Untuk siswa yang tuntas belajar meningkat sebesar 30,55% dari 41,67% pada Pra PTK menjadi 72,22% pada siklus II.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v4i1.147

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

View My Stats Delta-Pi