Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar

Andi Dian Angriani, Andi Kusumayanti, Nur Yuliany

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembalajaran digital book menggunakan flip PDF professional pada materi aljabar kelas VIII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee and Ownes dengan tahapan-tahapan pengembangan yaitu: (1) analisis (2) desain, (3) pengembangan dan implementasi, dan (4) evaluasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dan angket respons peserta didik. Kualitas media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Aspek kevalidan berdasarkan skor validasi oleh dua orang validator, aspek kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik, dan aspek keefektifan berdasarkan hasil belajar peserta didik setelah penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi oleh dua validator diperoleh kriteria sangat valid, dengan persentase sebesar 85,71% dan 91,66%. Nilai kepraktisan berdasarkan respon peserta didik diperoleh skor sebesar 89,66 yang menyatakan bahwa media ini sangat praktis untuk dipergunakan pada tahap uji coba skala besar. Selanjutnya nilai kepraktisan berdasarkan respon peserta didik pada tahap II diperoleh skor sebesar 90,64% dengan kriteria sangat praktis. Terakhir uji keefektifan yang diperoleh berdasarkan tes hasil belajar peserta didik, diketahui bahwa rata-rata tes hasil belajar sudah memenuhi nilai KKM dengan rata-rata sebesar 90,12 yang berarti bahwa digital book efektif digunakan dalam proses pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, I. G., Dantes, N., & Tika, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4(3), 1–10.

Alwan, M. (2018). Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang, 1(2), 26–40. https://doi.org/10.3454/at-tadbir.v1i2.3009.

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100.

Departemen Pendidikan Nasional. (2016). Undang-Undang SISDIKNAS. Jakarta: Redaksi Sinar Grafika.

Ignacio, N. G., Nieto, L. J. B., & Barona, E. G. (2006). The Affective Domain in Mathematics Learning. International Electronic Journal of Mathematics Education, 1(1), 16–32. Retrieved from https://www.iejme.com/article/the-affective-domain-in-mathematics-learning.

Jannah, N., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-Hari Tentang Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(1), 186–198.

Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational Technology A Definition with Cummentary. Lawrence Erlbaum Associates Taylor & Francis Group 270 Madison Avenue New York, NY 10016.

Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS3 Pembelajaran Matematika Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9681

Pixyoriza. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving. Universitas Raden Intan.

Pribadi, B. A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Searmadi, B. P. H. (2016). Penerapan Aplikasi Flipbook sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan hasil Belajar Pengenalan PHP Kelas XI di SMK Negeri 2 Mojokerto. IT-Edu : Jurnal Information Tachnology and Education, 1(02), 42–48. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/17547.

Setiyo, E., Zulhermanan, Z., & Harlin, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Flip Book pada Mata Kuliah Elemen Mesin 1 di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 1–6. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.171.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J. D. (2011). Instruction Technology & Media for Learning (Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar) Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Ulya, H., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2018). Pengembangan Modul kimia berbasis Problem Solving Pada Materi Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(1), 129–141.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yaumi, M. (2017). Belajar dan Mengajar dengan Media dan Teknologi (M. Yahya, Ed.). Watampone: Syahadah.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

Statistik Pengunjung