Pengembangan Soal HOTS pada Materi Aljabar

Nok Izatul Yazidah, Dian Fitri Argarini, Yunis Sulistyorini

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengahasilkan soal HOTS yang valid dan efektif  pada materi aljabar. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D. Model pengembangan 4D ini terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop dan yang terakhir adalah disseminate, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Hasil dari validasi para ahli materi ini menyatakan bahwa soal HOTS ini valid dengan rata-rata nilai 3,39. Berdasarkan  hasil ujicoba pertama dengan menggunakan penyebaran angket yang menyatakan bahwa menurut para siswa memang perlu adanya soal HOTS dalam pembelajaran matematika. ujicoba kedua ini adalah ujicoba soal, yang mana pada ujicoba ini memang karena siswa belum terbiasa dengan soal HOTS ini siswa masih banyak yang tidak bisa menyelesaikankannya namu mereka sudah mampu memahami maksud dari soal tersebut. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan soal HOTS adala valid dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur Higher Order Thinking Skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98-108.

. Brookhart, S.M. (2010). How to Assess Higher Order Thinking Skill in Your Classroom. Alexandria: ASCD Publisher.

. Chang, C. C., & Silalahi, S. M. (2017). A review and content analysis of mathematics textbooks in educational research. Problems of Education in 21st Century, 75(3), 235-251.

. Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA

. Ernawati, L. (2017). Pengembangan High Order Thinking (HOT) Melalui Metode Pembelajaran Mind Banking Dalam Pendidikan Agama Islam. PROCEEDINft 1st International Conference on Islamic Civilization and Society: Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan.

. Gunawan, A. W. (2012). Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

. Kemdikbud.2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemdikbud

. Lewy, Zulkardi, & Aisyah, N. 2009. Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2): 14-28

. Pratiwi, Umi. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. Vol 1 No 1.

. Thiagarajan, dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

. Thomas, A. & Thorne, G. How to increase higher order thingking. Diambil pada tanggal 20 Agustus 2020 dari http://goo.gl/rXx150

. Widodo, Tri Dkk. 2013. Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalahuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi PembentukanKarakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan Th. XXXII, No. 1 : Fmipa Universitas Negeri Semarang

. Widyastuti, Rany.(2016). Pola Interaksi Guru dan Siswa Tunanetra. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7 No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2253

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

Statistik Pengunjung