Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Materi Himpunan Kelas

Zaenal Riva'i, Nurina Ayuningtyas, Achmad Fachrudin Dhany

Sari


Penelitian ini menggunakan metode pegembangan 3D (Define, Design, Develop) sehingga akan di dapat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi android yang dioperasikan oleh smartphone (2) mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran dengan menggunakan tes hasil belajar peserta didik pada materi himpunan kelas VII.

Dari hasil uji coba pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi himpunan kelas VII menghasilkan media pembelajaran yang valid karena memenuhi : (1) kategori cukup valid untuk hasil uji validasi (2) kategori valid untuk hasil ujicoba praktisi. Dari hasil uji coba peserta didik pada kelas VII A dan VII B SMP Hasjim Ashari menghasilkan media pembelajaran yang efektif : (1) Tes hasil belajar siswa diatas kriteria ketuntasan minimal, (2) hasil respon peserta didik menarik, navigasi berfungsi dengan baik, animasi dan backsound tidak menggangu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bakri, F., Siahaan, B. Z., & Permana, H. (2016). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika. Rancangan WebsitePembelajaran Terintegrasi Dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Profesional , 2 (2).

Basri. (2013). Jurnal Inovasi Pendidikan. Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran Ilmu , 1, 35-44.

Mendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku Yang Digunakan Oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan.

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Braneh, Kent Gustafson, and Tjeerd Plomp (Ed), London: Kluwer Academic Publisher.

Pratiwi, W. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi himpunan SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.

Thiagarajan, Silvasailam, Dorothy S., S., & Melvyn, S. I. (1974). Minnesota: Indiana University.

Tyanto, E. L., & Manoy, J. T. (2013). Mathematic Education. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika BErbasis Adobe Flash Profesional CS6 Dengan Memperhatikan Fungsi Kognitif Rigorous Mathematical Thinking (RMT) Pada Materi Melukis Segitiga , 2 (3), 5-6.

Utomo, D. A. (2017). Jurnal Pendidikan Kimia. Pengembangan Molki.id (Modul Kimia Android) Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Kimia Pada Materi Laju Reaksi Untuk SMA/MA Kelas XI.

Westriningsih. 2012. Panduan Aplikatif & Solusi (PAS) Membangun Aplikasi Bisnis dengan Netbeans 7. ANDI. Yogyakarta

Zulaicha, M., 2010.Perbedaan Hasil Pemeriksaan Plasma Protrombin Time (PPT) pada Plasma Sitrat yang Disimpan pada Suhu Ruang (20° C – 30° C) Selama 0 Jam, 2 Jam, dan 4 Jam. Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2277

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

Statistik Pengunjung