Analisis kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmatika sosial berdasarkan prosedur Newman

Wike Pratiwi Vitaloka, Mhmd Habibi, Rahmi Putri, Aan Putra

Sari


Pemecahan masalah merupakan suatu rangkain proses tertentu yang dilakukan siswa dalam menghadapi situasi yang direpresentasikan ke dalam pertanyaan. Permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan matematika biasanya dituangkan dalam soal cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Aritmetika Sosial berdasarkan prosedur Newman. Penelitian yang dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan wawancara terhadap siswa MTsS Nurul Haq Semurup. Berdasarkan hasil tes, 17 dari 23 siswa telah memahami soal dengan baik dan mengerti istilah, kata-kata, kalimat dan simbol dalam masalah melalui ketepatan mengartikan kedalam bahasa. Selain itu 73.91% siswa menguasai tahapan membaca masalah, memahami masalah dan transformasi masalah. Namun hanya 17.39% siswa yang menguasai keterampilan proses/prosedur dan penulisan jawaban.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 58-65.

Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 17-30.

Arikunto.2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Budiyono. 2011. Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia. 11(1), 1-8.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458.

Fitriatien, S. R. 2018. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Ilmiah Matematika

Gunawan, R. G., & Putra, A. (2019). Pengaruh Strategi Belajar Aktif Sortir Kartu Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 362-370.

Haji. (1994). Penyelesaian Soal Cerita pada Penjumlahan dan Pengurangan. Semarang: KKG Semarang.

Habibi, M., Darhim, D., & Turmudi, T. (2018). Self-Determination in Mathematics Learning Process by Using Generative Multi–Representation Learning (GMRL) Model. In Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 012155

Jana, Padrul (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesiakn Soal Matematika pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7.

Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in assam (india): an analysis using newman procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1), 17-21.

Manibuy, Ronald. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire–Papua.Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9).

Moleong, L. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Newman, M. A. 1977. An analysis of sixth-grade pupils' errors on written mathematicaltasks. In White, A. L. 2009. Diagnostic and Pedagogical Issues with Mathematical Word Problems. Brunei International Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 100-112.

Nuragni, W. T. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe High Order Thinking Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Di Kalangan Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Nurmutia, H. E. 2019. Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, 2(2), 98-103.

Prakitipong, N. dan Nakamura, S., 2006. Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperationin Education, 9(1), . 113114.

Priyanto, A., Suharto, & Trapsilasiwi, D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1-5.

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010).The newman procedure for analyzing primary four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences,8, 264-271.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susanti. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linier Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika2, (6), 71-76.

Susanti. (2019). Newman Prosedur Dalam Menganalisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2 (1).

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenamedia Group.

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

White, A. L. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 2010 33 (2), 129-148.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2294

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

Statistik Pengunjung