Pengembangan Alat Peraga Papan Al-Sintacs Materi Trigonometri Siswa Kelas X MA DDI Galesong Baru

Muhammad Rizal Usman

Sari


Penelitian ini membahas tentang pengembangan alat peraga PAPAN AL-SINTACS pada materi trigonometri kelas X. Bertujuan untuk mengembangkan alat peraga matematika materi trigonometri yang valid, praktis, dan efektif.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research & Development atau penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada model ADDIE yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation yang disarankan oleh Steven J McGriff. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas X MA DDI Galesong Baru Kota Makassar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, lembar angket respons guru dan siswa, serta tes hasil belajar.Berdasarkan hasil ujicoba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) hasil validasi alat peraga oleh validator media sebesar 3,7 berada pada kategori sangat valid dengan interval , (2) Praktis diperoleh berdasarkan respons guru dalam kategori positif yakni 89,5% dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh rata-rata 3,6berada pada kategori sangat baik dengan interval ,(3) Efektif berdasarkan respons siswa terhadap alat peraga dengan persentase sebesar 91%, aktivitas siswa  dalam kategori sangat baik yakni 83%dengan interval persentase , dan tes hasil belajar berada dalam kategori tinggi dengan persentase ketuntasan belajar keseluruhan siswa sebesar 83,3%. Dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba yang dilaksanakan, alat peraga PAPAN AL-SINTACS materi trigonometri siswa kelas X MA DDI Galesong Baru Kota Makassar telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Hidayatullah, Muhammad. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Adobe Flash pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Kelas XII SMA Negeri 16 Makassar. Skripsi. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Concept and Communication, null(23), 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

McGriff, S. J. (2006). Instructional System Design (ISD): Menggunakan Model ADDIE. Dermatology in a Week, 68–68. https://doi.org/10.5005/jp/books/10200_4

Nasaruddin, (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajran Matematika. Al-Khwarizmi. Volume III. Edisi 2. (27 juni 2019).

Rahayu, Yuliani. (2018). Pengembangan Alat Peraga Papan Pelangi pada Operasi Hitung Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdaktika Pendidikan Dasar. (online). Volume 02 No. 02. (11 juni 2019).

Salam, Nurfadillah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga pada Materi Sistem Saraf di Kelas XI MA Madani Alauddin Paopao. Skripsi. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, Astri Nur. dan Mawardi. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pigur. (online). Volume 01, no.02. (11 juni 2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2314

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

Statistik Pengunjung