Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi Siswa Kelas X SMAN 11 Pinrang

Erni Ekafitria Bahar, Andi Alim Syahri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi siswa kelas X SMAN 11 Pinrang yang terdiri dari tiga indikator yaitu menyatakan ulang sebuah konsep, memberi contoh dan bukan contoh, menerapkan konsep dalam pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dapat dijadikan acuan adalah siswa SMAN 11 Pinrang untuk mengetahui pemahaman konsepnya dalam menyelesaikan soal fungsi kompsisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes dan wawancara. Tes bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pemahaman konsep subjek mengenai materi tersebut sedangkan wawancara bertujuan untuk menguatkan hasil tes pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemahaman konsep subjek tinggi dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi yaitu: (a) kemampuan dalam menyatakan ulang konsep cukup baik karena subjek mampu membedakan makna  dan  namun subjek lupa syarat dua buah fungsi dapat dikomposisikan; (b) kemampuan memberikan contoh dan non contoh dari konsep termasuk baik karena subjek mampu memberikan contoh dua buah fungsi yang jika dikomposisikan maka  = ; (c) kemampuan subjek menerapkan konsep dalam pemecahan masalah temasuk kategori baik; (2) Pemahaman konsep subjek sedang dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi yaitu: (a) kemampuan menyatakan ulang konsep termasuk kategori baik karena subjek mampu membedakan makna  dan  dan menyebutkan syarat dua buah fungsi dapat dikomposisikan; (b) kemampuan memberikan contoh dan bukan contoh kurang baik karena subjek belum mampu memberikan contoh dua buah fungsi yang tidak dapat dikomposisikaan; (c) kemampuan subjek menerapkan konsep dalam pemecahan masalah temasuk kategori cukup baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrilianto, M. 2012. ‘Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking’, Infinity InfinityJurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.2, September 2012, 1(2), pp. 192–202.

Fatqurhohman, F. 2016. ‘Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar’, JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), p. 127.

Hastuti, E. D. 2012. ‘Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta’.

Nurafni, Khusna, H. and Miatun, A. 2018. ‘Profil Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Siswa Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent’. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 175-192

Patria. 2011. ‘Blog Pendidikan: Pemahaman Konsep’, Blog Pendidikan, 30 November. Available at: http://mediaharja.blogspot.com/2011/11/pemahaman-konsep.html (Accessed: 7 May 2021).

Pranata, E. 2016. ‘Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika’, JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), pp. 34–38.

Russefendi. 2006. Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sinaga, Bornok, dkk. 2017. Matematika SMA/ MA/ SMK/ MAK Kelas X Edisi Revisi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Takdirmin. 2010. Analisis Pemahaman Mahasiswa Siswa SMP Terhadap Konsep dan Prinsip dalam Matematika. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v10i2.3420

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

Statistik Pengunjung