Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)

Riska Sriyanti Konoras, Fitriana Eka Chandra, Ahmad Afandi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP dalam pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah penelitian  deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini meliputi siswa kelas VIII-1 SMP yang diambil 3 siswa sebagai perwakilan dari tiap-tiap kategori kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika untuk dianalisis dan diwawancarai. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori tinggi mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah yaitu mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan melakukan pengecekan kembali. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori sedang dalam indikator pemecahan masalah sudah mampu menuliskan yang diketahui dan yang ditanya dengan tepat tetapi kurang lengkap, membuat model matematika dari soal yang diberikan namun masih belum tepat, menggunakan strategi yang belum tepat dan  penyelesaian yang diperoleh  juga belum tepat, sehingga kesimpulan yang diperoleh juga tidak tepat. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori rendah belum mampu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah matematika, yakni siswa belum mampu menuliskan yang diketahui dan yang ditanya dengan tepat, membuat model matematika dari soal yang diberikan namun belum tepat, menggunakan strategi yang belum tepat dan penyelesaian yang diperoleh juga belum tepat dan membuat kesimpulan yang tidak tepat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alhadad, I., Hamid, H & Tonra, W. S. (2020). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 222-236

Cahyono, B. (2016). Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berfikir Kritis. Jurnal Pendidikan MIPA,Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Vol. 5 No. 3

Ismaimuza, D. (2013). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Matematis untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA FKIP UNTAD, Palu. Hlm 375- 378.

Karim dan Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika.Vol. 3. Hlm. 92-104.

Kowiyah. (2012). Kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.3 No. 5.

Kusmanto, H. (2014). Pengaruh Berpikir Kristis Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Matematika. Jurnal EduMa, Vol. 3

Martam, N. U., Abdullah, I. H., & Tonra, W. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal pendidikan guru matematika, 2(1), 57-66.

Na’imah,R. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Program Linear Kelas XI MIA 1 MAN 3 Blitar. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung,Tulungagung.

Polya, G. (1973). How to Solve It. Princeton University Press. New Jersey.

Purwati, R., Hobry., dan Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Jurnal Kadikma, Vol. 7.

Rasid, P., Bakar, M. T., Tonra, W. S. (2021). Analisis Kemampuan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Program studi Matematika pada Mata Kuliah Aljabar. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(2), 181-194

Sumarmo, U., dkk. (2012) . Kemampuan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, Dan Kreatif Matematika ( Eksperimen Terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Strategi Think Talk Write). Jurnal pengajaran MIPA, Vol. 17.

Ulva,E. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).Jurnal Pendidikan Tambulasi,Vol. 2.

Wardhani,R.K., Warli, Surawan. (2017). Profil Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat II Universitas PGRI Ronggowale Tuban, Hlm. 297-302.

Zakaria, P., dkk. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Daring pada Materi Segi Empat. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi Vol.9 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v11i1.4307

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

       

View My Stats Delta-Pi