PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS KONSEP KALOR PADA SISWA KELAS XI-IPA-1 DAN XI-IPA-2 SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE

Saputri Hi Umar, Nasrun Balulu

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep kalor dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini mengikuti rancangan one-group pretest and posttest. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa model  pembelajaran Problem Based Learning yang terdiri atas lima  sintaks yaitu orientasi, mengorganisasi, investigasi, menyajikan hasil data, dan evaluasi  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan dengan model pembelajaran  Problem Based Learning, dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan kategori sedang dan tinggi untuk XI-MIPA-1 dengan rata-rata N-Gain 63.80% dan keterampilan berpikir kritis siswa dengan kategori sedang dan tinggi untuk XI-MIPA-2 dengan rata-rata N-Gain 69.89%. Pengujian normalitas di kelas MIPA-1 diperoleh data 2hit <2tab atau 5,39 < 35,175 dengan dk 23 dan taraf signifikansi (α)  0,05 atau 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa data distribusi normal dan Pengujian normalitas di kelas MIPA-2 diperoleh data 2hit <2tab atau 7,06<30,144 dengan dk 19 dan taraf signifikansi (α)  0,05 atau 5%. Dengan demikian Ha ditolak dan Ho diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas MIPA-1 dan MIPA-2. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning konsisten dalam penerapannya di kelas.

Kata Kunci


keterampilan berpikir kritis, konsep kalor, model PBL, peningkatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amiruddin Takda. 2019. Model Pembelajaran Inosit Untuk Melatihkan Literasi Sains (Scientific Literacy) Siswa SMP.

Balulu, N. 2017. Model Pembelajaran Fisika Berbasis Penulisan Laporan Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SMA.Universitas Negeri Surabaya Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Sains. Naskah Tidak Di Terbitkan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, No 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Pratiwi, D. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Berbantuan Virtual Laboratory Pada Pembelajaran Fisika di Kelas X MIPA 5 SMAN Pakusari (Universitas Negeri Jember). Retrieved from https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/86820/Dian Pratiwi - 140210102046.pdf Sdh.pdf?sequence=1

Rahman, M. H., & Ahmad, Z. (2017). KOMPETENSI GURU IPA SMP PULAU BACAN KABUPATEN HALMAHERA SELATAN. HUMANO, 7(2), 207–216.

Sri Kurniawati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Ma Al-Khairat Kota Ternate Pada Konsep Termodinamika. Tidak dipubliskan.Skripsi. Ternate: Unkhair.

Sri Astutik. 2017. Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) untuk meningkatkan Efektif kolaboratif ilmiah dan Kreativitas Ilmiah. Surabaya : program studi pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v18i1.1596

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.