PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE

Dahri Hi. Halek

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a macth dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Ternate. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi pratindakan, siklus I, dan Siklus II.Subjek penelitian adalah siswa kelas VIISMP Negeri 4 Kota Ternate. Pembelajaran IPS pada pratindakan adalah pembelajaran konvensional. Pembelajaran IPS siklus I dan II dengan materi Bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan berjalan dengan lancar. Hasil penelitian tentang hasil belajar siswa pada pratindakan 33%, siklus I 57% dan siklus II 89%.

Kata kunci: make a match, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i1.187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.