PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA TERNATE

Sisilia Taliawo, Zulkifli Zam Zam, St Hayatun Nur Abu

Sari


This research was conducted to determine the increasing learning model of snowball throwing in students learning achievement on the subject matter of atomic structure in grade X of SMAN 11 Kota Ternate amounting to 15 students. The sample of this research was students grade X that was taken by saturated sampling. The instrument used in this research is essay consist of 9 items to use for quantifying students learning achievement. The technique of data analysis through inferential statistics analysis by using spss 21. The result shows that there are improvements in students learning achievement in grade X of SMAN 11 Kota Ternate on the subject matter of atomic structure based on the hypotheses by t count ˃ t table or 14,140 ˃ 2,144. The gain value was 0,30 shows the was on interpretation of students learning achievement.

Kata Kunci


Learning model of snowball throwing; students learning achievement; atomic structure; SPSS 21

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Taufik. 2011. Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Mida Pestaka.

Achmadi, N. 2011. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Cara Mengajar Guru Kimia dan Minat Belajar Kimia Terhadap Prestasi Belajar Kimia pada Materi Struktur Atom Siswa Kelas X di MAN 1 Blora Tahun Pelajaran 2010/2011. Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bambang Sugiarto. 2004. Modul Kimia Struktur atom Dan Sistem Periodik Unsur. Partikel Dasar Atom. Edisi 2004. Editor: Sukarmin.

Chang, R. 2004. Kimia Dasar Konsep-konsep Inti (Edisi Ketiga Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Djahir Rifaldi Ahmat, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Kode Smiles Pada Materi Hidrokarbaon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Kimia. ISSN 2302-6030.

Gunawan I. 2011. Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran Dan Penilaian. Skripsi Program Studi PGSD FIP IKIP PGRI Madiun.

Henikusniati dkk. 2015. Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Ketrampilan proses Sains Untuk Meningkatkan hasil belajar Kimia Siswa SMK NEGERI 3 Bataram. Jurnal Pendidikan IPA. Vol 1 No 3.

Irawati, Nova. 2017. Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Laju Reaksi.Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 9 No 2.

Istiqomah, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Menggunakan Media Flash Pada Materi Reaksi Redoks Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK NEGERI 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 4 No 2.

Lasaari, M., Zam, Z. Z., & Sugra, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Assure Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar pada Materi Kesetimbangan Kimia Siswa XI IPA SMA Negeri 4 Pulau Morotai. EDUKASI, 17(2).

Limatahu, N. A., Rahman, N. A., Cipta, I., & others. (2017). The influence of practicum video with electronic module toward process skills for stoichiometry materials of the grade x of SMAN 2 Tidore Islands. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(1), 225–228.

Nurul Ain, T. 2013. Pemanfaatan Visualisasi Vidio Percobaan Gravity Current untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 02 No 02.

Ovianti LD. 2014. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Koloid. Jurnal FMIPA.No 2252-6609.

Ranguang, Dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Molekul Kelas XI IPA SMA NEGERI 1 Pasangkayu. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 3 No 1.

Rasyid, Muhaeda & Sumiati Side. 2011. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Bajeng Kab.Gowa. Jurnal Chimica Vol.12 No.2.

Rosida, Ani. 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal cakrawala pendas. Vol. 3 No.2.

Sudjana N. 2017. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Sugiono . 2017 . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syubhan Annur dkk. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Antara yang Menggunakan Model Pembelajaran POE dan EIA Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol 2. No 2.

Sumpono, dkk. 2012. Lesson Study Pada Mata Kulia Kimia Sekolah 1 Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Pembangunan Karakter. Jurnal Exacta, Vol. X. No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/j.edu.v18i2.2117

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

EDITORIAL OFFICE:

Edukasi

FKIP UNIVERSITAS KHAIRUN

P-ISSN 1693-4164

E-ISSN 2715-8551

Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

E-mail: edukasifkip2019@gmail.com

URL: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/

DOI Jurnal Edukasi: http://doi.org/10.33387/Edu

CP: (Saiful Latif) mobile: +62 813-4031-4232

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Indexed By:

    

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

   

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.