PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KALOR

Sumarni Sahjat

Sari


Model pembelajaran reciprocal teaching adalah suatu model pembelajaran yang menerapkan empat strategi pemahaman mandiri, yaitu merangkum atau meringkas bahan ajar, membuat pertanyaan, mampu menjelaskan, dan dapat memprediksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika konsep kalor dengan menggunakan model Reciprocal teaching.

Jenis penelitian yang digunakan adalah tipe komparatif, sedangkan desain penelitian eksperimen tipe control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Ternate yang berjumlah 120 siswa yang tersebar dalam 4 kelas dengan teknik pengambilan sampelnya dengan cara cluster sampling atau acak kelas setelah diperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian, kemudian kedua kelas diacak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Untuk teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes. Tes dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran, bentuk soal tes yang digunakan yaitu dalam bentuk essay yang berjumlah 9 item dengan skor total 58. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t).

Hasil perhitungan  didapat nilai thitung = 9,45 dan ttabel = 2,00 dengan dk = 54 dan taraf nyata 0,05. Dari hasil perhitungan dapat dikatakan bahwa thitung ttabel atau 9,45  2,00 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar fisika dengan menggunakan model reciprocal teaching dan pembelajaran konvensional dengan besar perbedaannya 16,25 atau 55,62 %.

 Kata kunci : Reciprocal teaching, hasil belajar siswa.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v13i1.27

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.