IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DASAR ISLAM INSAN KAMIL BACAN KABUPATEN HALMAHERA SELATAN

Sahril Muhammad, Mardia Rahman

Sari


Penelitian ini berangkat dari fakta di lapangan bahwa mutu pendidikan dari tahun ke tahun lambat mengalami peningkatan.Hal ini tidak terjadi begitusaja melainkanada berbagai faktor penyebabmenurun mutunya pendidikan. Salah satunya adalah masih lemahnya pengelolaan manajemen  satuan  pendidkan  di  daerah.  Agar  hal  tersebuttidak  berlanjut  terus-menerus,  maka

diperlukan adanya solusi alternatif untuk memperbaiki model pengelolaan pendidikan dasar sehingga dapat tercipta peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini diharapkan dapat tertatanya sistem pengelolaan manajemen sekolah sesuai dengan sasaran manajemen berbasis sekolah.Penelitian ini bertujuan  untuk  mengkaji  implementatasi  MBS  pada  Sekolah  Dasar  Islam  Insan  Kamil  Bacan

Kabupaten Halmahera Selatan, mengkaji dampak dari implementasi MBS terhadap kinerja guru dan mengkaji kendala-kendala implementasi MBS pada Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Bacan Kabupaten  Halmahera  Selatan.Penelitian  ini  mengunakan  pendekatan  kualitatif  untuk menggambarkan implementasi manajemen berbasis sekolah pada sekolah dasar Islam Insan Kamil

Bacan Kabupaten Halmaher Selatan. Penggunaan pendekatan kualitatif untuk memperoleh informasi dan penafsiran mendalam tentang implementasi manajemen berbasis sekolah pada sekolah dasar Islam Insan Kamil Bacan. Sumber data meliputi: Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Selatan, kepalasekolah,guru dan Komite Sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan,

wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi manajemen berbasis sekolah pada sekolah dasar Islam Insan Kamil Bacan terealisasi secara efektif dan efisien sesuai tujuan dan sasaran MBS khusus pada aspek   pengembangan kurikulum dan pembelajaran, peserta  didik,  sarana  dan  prasarana,  pembiayaan  dan  manajemen  hubungan  sekolah  dengan

masyarakat, (2) dampak impelementasi manajemen berbasis sekolah terhadap peningkatan kinerja guru dan sekolah melalui tata kelola sarana dan prasana serta pembiayaan sekolah secara transparansi, dan akuntabilitas dan (3) kendala implementasi manajemen berbasis sekolah pada sekolah dasar Islam Insan Kamil Bacan Kabupaten Halmahera Selatan adalah terbatasnya sumber pembiayaan sekolah

dan sebagian besar masyarakat dan pelaku pendidikan lainnya belum sepenuhnya memahami pentingnya program manajemen berbasis sekolah.

 

Kata Kunci : Implementasi  Manajemen berbasis sekolah, Mutu Pendidikan


Teks Lengkap:

610-620


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i1.279

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.