ANALISIS MINAT PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MTS DAN MA KECAMATAN MAKIAN KABUPATEN HALMAHERA SELATAN MELALUI KEGIATAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP)

Jauhari S. Tawary

Sari


Guru  merupakan  pemegang  tongkat  keberhasilan  dan  mempunyai  peran  penting  dalam  setiap kegiatan belajar mengajar. Namun, pada kenyataan masih ada beberapa guru yang tidak mempunyai komitmen penuh dalam menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.  Musyawarah Guru Mata Pelajaran  (MGMP)    merupakan  suatu  organisasi  profesi  guru  yang  bersifat  non  struktural yang

dibentuk oleh guru-guru di Sekolah Menengah (MTs dan MA) di suatu wilayah sebagai wahana untuk saling bertukar pengalaman guna meningkatkan kemampuan guru dan memperbaiki kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat pengembangan kompetensi pedagogik guru MTS dan MA kecamatan Makian   Kabupaten Halmahera Selatan melalui kegiatan

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) . Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif model survey dengan menggunakan angket. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa minat pengembangan kompetensi pedagogik melalui kegiatan MGMP, guru menjawab selalu sebesar (77.81%) guru menjawab sering sebesar (11,25%) guru  menjawab jarang sebesar (6,56)

menjawab  pernah  sebesar  (3,58%)  guru  menjawab  tidak  pernah  sebesar  (1,25%).  Kemudian kebutuhan  guru  dalam upaya  pengembangan  kemampun  pedagogik  guru,  guru  menjawab  selalu sebesar (74.37%) guru menjawab sering sebesar (16,25%) guru menjawab jarang sebesar (5,93%) guru menjawab pernah sebesar (3,43%) guru tidak pernah sebesar (0%). Maka dapat disimpulkan bahwa   guru-guru   MI   Kecamatan   Makian   Kabupaten   Halmahera   Selatan   sangat   berminat

mengembangan kompetensi pedagogik guru melalui kegiatan MGMP.

 

Kata Kunci: Pengembagan Kompetensi Pedagogik, MGMP.


Teks Lengkap:

663-672

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.