PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PERTANYAAN DARI SISWA PADA SMK NEGERI 3 KOTA TERNATE

Hj. Naila Ibrahim

Sari


Penelitian  tindakan  dengan  menggunakan  strategi  pertanyaan  dilakukan  melalui  empat  langkah

tindakan pada setiap langkahnya. Rumusan masalah penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Strategi Pertanyaan dari Siswa   dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI tentang mempersiapkan pendirian usahadan menghitung resiko menjalankan usaha. Penelitian didesain dalam dua siklus yang dimulai dari refleksi awal, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan siklus kedua dengan metode pengamatan dan tes pengumpulan data yang dilakukan melalui tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah berhasil menerapkan langkah-langkah pembelajaran; guru telah berhasil  meningkatkan  keterlibatan  siswa  dalam  proses  pembelajaran;  prestasi  belajar  siswa meningkat  secara  signifikanpadapembelajaran  kewirausahaankhususnya  pada  materi  mengelolah usaha kecil atau  mikro, diantaranya adalah  yang berhubungan dengan  mempersiapkan  pendirian usaha dan menghitung resiko menjalankan usaha.

Kata Kunci : Hasil belajar, strategi pertanyaan, mata pelajaran kewirausahaan


Teks Lengkap:

680-694


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i1.291

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.