PENINGKATAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kota Ternate)

Asmar Bani

Sari


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan hasil belajar siswa pada materi Eksponen melalui model pembelajaran Inquiri.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMA Negeri 10 Kota Ternate yang tersebar di tiga kelas dengan jumlah 122 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA berjumlah 30 siswa yang dijadikan sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XB berjumlah 32 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen, tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar siswa dengan 5 butir soal sebagai instrument yang telah divalidasi oleh validator. Analisis data yang digunakan adalah PAP skala 5, uji homogenitas, uji normalitas, uji t dan analisis peningkatan kemampuan hasil belajar siswa dengan N.Gain.

Hasil pengujian hipotesis atau uji t diperoleh tHitung > tTabel atau 3,63 > 1,65 dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Inquiri dengan kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran Biasa.

Hasil analis peningkatan kemampuan hasil belajar siswa kales eksperimen dengan N. Gain secara individu diperoleh 24 siswa mengalami peningkatan kemampuan hasil belajar tinggi, 8 siswa mengalami Peningkatan kemampuan hasil belajar sedang dan tidak ada siswa yang mengalami peningkatan kemampuan hasil belajar rendah, sedangkan secara klasikal hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan kemampuan yang tinggi.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquri, Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Siswa, Ekspone.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v13i1.42

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



EDITORIAL OFFICE:

Nama Jurnal:EDUKASI
Penerbit:FKIP Universitas Khairun
p-ISSN:1693-4164
e-ISSN:2715-8551
Alamat:Jl. Bandara Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun Kelurahan Akehuda Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
email:edukasifkip2019@gmail.com
URL homepage:https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/
DOI:http://doi.org/10.33387/Edu
Kontak Person (WhatsApp):+62 813-4031-4232

 


Indexed By:

       

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lihat Statistik Pengunjung

Creative Commons License
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.