PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA POKOK BAHASAN KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 KOTA TERNATE

Fadel Suleman

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemilihan model pembelajaran PPKn yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran karena tidak semua materi dapat diajarkan dengan hanya satu model pembelajaran saja. Guru hendaknya dapat memilih model pembelajaran yang dianggap sesuai dengan materi yang hendak diajarkan. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif, efisien, dan tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PPKn d e n g a n materi “ Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat†di SMA 4 Kota Ternate. Teknik penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu setiap siklus pembelajaran model ini terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu; Perencanaan, Aksi/tindakan, Observasi, dan Refleksi. Teknik penentuan Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Kota Ternate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada Pokok Bahasan Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar siswa pada siklus satu masih dikategorikan belum berhasil karena ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 32%. Hasil tes siklus 1 hanya 7 orang siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas 21 siswa, dari total 28 siswa. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus II dikategorikan berhasil karena ketuntasan klasikalnya 86%. Dari 28 siswa, yang tuntas bel aj ar sebanyak 23 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 5 orang siswa. Jadi, pembelajaran hanya sampai pada siklus II karena ketuntasan klasikalnya sudah tercapai dengan baik dan sangat memuaskan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Abu. dkk. 2006. Ilmu Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta. cet. 2. Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Yrama Widya.

Budiani,Ni. Wayan. 2009. Efektifitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti†Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Input, vol. 2 (1): 49-57. (pada tanggal 13 Januari 2016).

Masruri. 2014. Analisis Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) (Studi Kasus Pada Kecamatan Bunyu Kabupaten Bulungan tahun 2010). Governance and Public Policy, vol. 1 (1): 53-76.

Miftahul Huda. 2011. Cooperatif Learning Metode Teknik Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Pratanto A. Pius dan Al. Barry M. 1994. Dahlan. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya. Arkola.

Posumah, H.R. J. H. Bungkaes dan Kiyai, Burhanuddin. 2013. Hubungan Efektifitas Pengelolaan Program Raskin dengan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Mamahan Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepualauan Talaud. Acta Jurnal, vol.1 (2) 1-23.

Slameto. 2013. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta. Cet 21.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta. Cet 8.

Sukring, 2013. Pendidikan dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta. Graha Ilmu. cet 1.

Suyatno, 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif, (Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka. Sumantri, M.1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Depdikbud

Winataputra S. Udin. 2001. Jati Diri Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Sistematik Pendidikan Demokrasi. Disertasi. Bandung : PPS UPI.

Undang-undang Dasar 1945. Amandemen Ke IV Edisi Lengkap. Jakarta. Tim Permata Press. Undang-undang Ri No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Tim Permata Press.Kamus Besar Bahasa Indonesia 2003, Edisi Ketiga Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v1i2.1099

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.