TANGGAPAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 4 KOTA TERNATE

Nani I Rajaloa, Rustam Hasyim, M. Akbar Hajuan

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi alam yang tidak mendukung seperti panasnya matahari, kemudian dengan fasilitas sarana prasarananya maka tenaga pendidik dan peserta didik selalu merasa bosan pada penerapan full day school di SMAN 4 Kota Ternate. Pemerintah daerah juga hanya menghimbau kepada sekolah-sekolah yang berada di Kota Ternate untuk menerapkan full day school akan tetapi belum ada kajian yang efektif untuk penerapannya sehingga terjadi kontrovesi di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang tanggapan-tanggapan tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan orang tua tentang penerapan full day school di SMAN 4 Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang perilakunya dapat diamati, meliputi Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, Peserta didik, dan Orang Tua Wali. Subyek penelitian ini menggunakan teknik “Purpose Samplingâ€. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan full day school di SMA N 4 Kota Ternate belum terlaksana dengan baik atau tidak efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya kendala berupa prasarana yang belum mendukung, lingkungan sekolah serta aktivitas pembelajaran yang belum efektif, sehingga mempengaruhi potensi serta karakter peserta didik dan warga sekolah.


Kata Kunci


Evektivitas, penerapan, Full Day School

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dedi Mulyasana, 2011.Pendidikan Bermutu dan berdaya saing. Banndung, Remaja Rosda karya

Ghofar, Abdul.1999. Cara Dahsyat Merevolusi Kemampuan Otak. Yogyakarta:Golden Books.

Hasan Nor, 2006. Full Day School Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Asing. Volume 1. Nomor 1

Kartono. 1982. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali

KBBI, 20016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [online] Avilabe at: http;//kbbi.web.id/dekat [Diakses 21 Juni 2019]

Made Pidarta. Landasan Kependidikan. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Nasution. 1986. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. BPK Gunung Mulia. Jakarta.

Oktamiati, H. & Putri (2013). Tingkat Stres Akademik Anak usia sekolah terhadap sistem full day school disekolah dasar kab.bogor. jurnal. FIK UI

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung Alfabeta

Syafrida Siregar Lis Yulianti, 2017. Full Day School sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Volume. 05, No 02

Taylor dan Bogdan, 1994. Bentuk Penelitian Kualitatif Teori Dalam Penelitian Kualitatif. Jakarta: Mizan Pustaka.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikdasmen




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i2.1473

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.