PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VIII MTS AR-RIDHA PAISUMBAOS HALMAHERA-SELATAN

Kusrini Kusrini, Fahran Mustafa

Sari


Model problem based learning (PBL) adalah model pembelajaran yang memberi pengertian lebih mendalam serta menekankan pada pengembangan penalaran dan ketrampilan berpikir tingkat tinggi yang ditunjukkan dengan mendorong siswa untuk mempergunakan analisis kritis dalam pemecahan masalah.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII MTs Ar-Ridha Paisumbaos Halmahera Selatan dengan penerapan pembelajaran melalui model Problem Based Learning (PBL). Desain penilitian adalah penilitian tindakan kelas dengan instrument yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perolehan rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 20% (siklus I) meningkat menjadi 80% (siklus II). Selain itu, aktivitas belajar siswa meningkat yang ditunjukkan dengan perolehan rata-rata skor aktivitas siswa sebesar 70% (siklus I) meningkat menjadi 100% (siklus II). Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL), juga dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I adalah 8 siswa (58,33%) meningkat menjadi 25 siswa (95%) pada siklus II dari jumlah siswa 25 orang. Selain itu, aktivitas proses belajar mengajar guru meningkat yang ditunjukkan dengan perolehan rata-rata skor aktivitas proses belajar mengajar guru sebesar 70% (siklus I) meningkat menjadi 100% (siklus II).

 

Kata Kunci:  Model pembelajaran PBL, hasil belajar, IPS geografi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo.

Khoni. 2012, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembamgan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rustam Hasim “ Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN DI SD Negeri Tabam†Jurnal Pedagogic. PGSD Unkahir Ternate Vol 1 No 2 Juni 2013.

Rustam Hasim, “ Peranan Kepala Sekolah Sebagai Supervisior Dalam Meningkatkan Kualitas pembelajaran, (telaah Teoritik)â€. Jurnal Edukasi, Vol. 16 No. 2 Juni 2018.

_____________ “ Kompetensi Guru Kelas Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar (TelaahTeoritik)â€, Jurnal Pedagogic, PGSD Unkahir Ternate. Vol 1 No 4 Juni 2014.

Sabir. 2015. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahra. 2013. Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suci. 2008. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi mahasiswa jurusan.

Suharsimi, A. Suhardjono. & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Turyanto, R. 2007. Problem Based Learning, (Online), http://ragilt.org/archives/ case-problem-based-learning.html, diakses 10 september 2018.Malang: Universitas Negeri Malang




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i2.1475

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.