PENERAPAN PERMAINAN TIGA POS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SENAM LANTAI KELAS IV SD NEGERI 43 KOTA TERNATE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nur Abdullatif

Sari


Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PENJASORKES) ditemukan beberapa masalah yang kompleks, khususnya pada pembelajaran senam lantai. Dalam kegiatan pembelajaran, banyak siswa yang mengalami kesulitan. Faktor tersebut menyebabkan minat dan motivasi belajar siswa berkurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam mengikuti pembelajaran senam lantai guling depan pada siswa kelas IV SDN 43 Kota Ternate melalui permainan tiga pos. Tipe penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas tahapan; (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) Pengamatan; dan (4) refleksi. Penelitian yang dilakukan mencakup 3 ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan tiga pos di kelas IV SDN 43  Kota Ternate berdampak positif, hal ini terlihat pada siklus I ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 32,5% sementara pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 93,33%. Hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus II telah mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan tiga pos dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan selisih 60,83%.

Kata kunci: Hasil belajar, senam lantai, permainan tiga pos

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baley, J.A. dan Field D.A. (1976). Physical Education and Physical Educator. (Ed.2) Boston: Allyn and Bacon, Inc. Dikutip dari Buku Azaz dan Falsafah Pendidikan Jasmani.2018. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bimo, Walgito. 2005. Pengantar Psikologi Umum (edisi kelima). Yogyakartta: Dikpora Pemkab Tegal. 2010. Silabus Penjasorkes, kelas IV Semester 1 & 2, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Tegal.

Eko, Arianto.2013. Upaya Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Hang Style Dengan Media Bola Gantung Bagi Siswa Kelas II A SMPN 1 Randublatung Kabupaten Blora Tahun 2015/2016, Program Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Elizabet B. Hurlock. 1999. PerkembanganAnak (edisikeenam). Jakarta: Erlangga.

John N. Drowatzky.1975. Motor Learning: Principles and Practices. Dikutip dari Buku Perkembangan Dan Belajar Motorik. 2008.Jakarta: Universitas Terbuka.

Menpora. 1984. Pola Dasar Pembangunan Olahraga. Dikutip dari Buku Azas dan falsafah Pendidikan Jasmani. 2008. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rudi, Susilana & Cepi Riyana. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Seaton, D.O. et al. 1974. Physical Education Hand Book, Englewood. Clifs. N 6th. Prentice-hall, inc. Dikutip dari Buku Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 2011. Jakarta: Universitas Terbuka.

Siti, Safariatun. 2018.Azaz dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suharsimi, Arikunto. 2006. ProsedurPenelitianPendekatanPraktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tim Bina Karya Guru. 2018. Pendidikan Jasmani Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i2.1476

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================
Jurnal Geocivic is Indexed By:
    
  • P ISSN 2301-4334
  • E ISSN. 2722-3698
  • Published by: Jurusan Pendidikan IPS, FKIP Universitas Khairun, Ternate-Indonesia
  • Kontak Person: Dr. Rustam Hasyim, M.Hum., M.Pd. Mobile [WA]: +62 813-5600-4080
Office Email: geocivic@unkhair.ac.id
Office editor: Jalan. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairun, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728

============================================================================================================

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.