PENGGUNAAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN KEMARITIMAN INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE

SAINA HARIS

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS melalui Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kota ternate  Tahun Pelajaran 2016/2017, serta  mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan Discovery Learning pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan di kelas VII E  SMP Negeri  1 Kota Ternate yang dilaksanakan mulai bulan Oktober sampai bulan November 2016. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa  penerapanMetode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi sumber daya alam dan kemaritiman Indonesia Kelas VII E SMP Negeri 1 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2016-2017. Hal tersebut  ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada tahap pra siklus, Siklus I, dan Siklus II yang mengalami kenaikan hasil belajar. Pada tahap prasiklus yaitu dari 35 siswa diperoleh data bahwa terdapat 28 atau 80% anak yang memperoleh nilai kurang dari KKM 75 dan 7 atau 20% anak yang nilainya lebih dari KKM dengan nilai rata-rata sebesar 61.42. Selanjutnya siklus I dari 35  siswa diperoleh data bahwa terdapat 16  atau 46% anak yang memperoleh nilai kurang dari KKM 75  dan 19  atau 54 % anak yang nilainya lebih dari KKM 75 dengan nilai rata-rata sebesar 74.00 dan pada siklus II 35 siswa diperoleh data bahwa terdapat 6  siswa atau 17%  yang memperoleh nilai kurang dari KKM 75 dan 29 atau 83% anak yang nilainya lebih dari KKM 75 dengan nilai rata-rata sebesar 78.57.

 

Kata kunci: Discovery learning, hasil belajar, sumber daya alam dan kemaritiman Indonesia

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.