PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS PADA SISWA SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE

MUHAMMAD H. DJAMALUDDIN

Sari


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP dalam mempelajari materi konsep Persamaan Garis Lurus. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Adapun subyek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kota Ternate tahun pelajaran 2016/2017, Kegiatan penelitian tindakan ini berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus, pada siklus I siswa yang nilainya mencapai KKM 75 sebanyak 21 siswa atau 60%, pada siklus II menjadi 31 siswa atau  88,57%. Dengan demikian disimpulkan bahwa implementasi model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII C pada pokok bahasan Persamaan Garis Lurus (PGL).

 

Kata Kunci:  Problem Based Learning,  hasil belajar, Persamaan Garis Lurus,  SMPN 1 Kota Ternate.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.