PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SMK FARMASI CENDIKIA FARMA HUSADA

Karsiwan Karsiwan, Pujiati Pujiati, Rufaidah Rufaidah

Sari


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan proses pembelajaran IPS dengan berbasis pada nilai-nilai kearifan lokal. Kegiatan penelitian dilaksanakan di SMK Farmasi Cendikia Farma Husada pada tahun ajaran 2015-2016. Subjek penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas X.A SMK Farmasi Cendikia sebanyak 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai kearifan lokal mampu memberikan alternative proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan sekaligus menantang bagi siswa. Pembelajaran IPS dengan berpijak pada tema-tema kearifan lokal sangat membantu dalam proses pembelajaran di sekolah. Melalui proses pembelajaran IPS berbasis nilai-nilai kearifan lokal inilah, siswa diharapkan mampu mengembangkan ide, gagasan, kreatifitas dalam berfikir serta beragumentasi ilmiah, melalui proses pembelajaran yang mampu menempatkan siswa sebagai pelaku pembelajaran.

 

Kata Kunci: Proses Pembelajaran; IPS; Kearifan Lokal

 

ABSTRACT. This study aims to develop an IPS learning process based on local wisdom values. The research activity was conducted at SMK Farmasi Cendikia Farma Husada in academic year 2015-2016. Research subjects are all students of class X. A SMK Pharmacy Cendikia as many as 46 students. The results showed that IPS learning based on the values of local wisdom can provide an interesting learning process alternative, fun, and challenging for students. IPS learning based on the themes of local wisdom are very helpful in the learning process in school. IPS through a learning process based on the values of local wisdom of this, students are expected to develop ideas, ideas, creative thinking and scientific argumentation, through a learning process that is capable of placing students as perpetrators of learning.

 

Keywords:  Learning process; IPS; Local wisdom

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriyanto, Y. dkk. 2008. Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Pengelolaan Sumberdaya Air yang Berkelanjutan. Makalah Pada PKM IPB, Bogor.

Asriati, Nuraini. 2012. Pengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Di Sekolah. Dikutip dari jurnal untan Vol 3, No 2 (2012) http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/3663. di unduh pada 17 Oktober 2015 pukul 13.45

Deporter, Bobbi, Readorn Mark & Nourie, Sarah Singer. 2014. Quantum Teaching. Terj. Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Kartodirjo, Sartono. 1999. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia

Keraf, A.S. 2010. Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Koentjaraningrat.1997. Metode Penelitian Masyarakat. Gramedia: Jakarta.

Miles, Mathew G. dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualiatif. Universitas Indonesia: Jakarta.

Sapriya. 2012. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Rosdakarya.

Sibarani, Robert. 2012. Kearifan Lokal: Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan (ATL).

Smaldino, Sharon E, Dkk. 2008. Instructional Technologi And Media For Learning, Ninth Edition. Terj. Arif Rahman. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu PengetahuanSosial; Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara

Suryo, Djoko. 2012. Pembelajaran Sejarah di Sekolah. Jakarta: Harian KOMPAS

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah B dan Lamatenggo, Nina. 2013. Landasan Pendidikan: Sebuah Pemikiran Komprehensif Landasan Pendidikan Berbasis Karakter di Indonesia. Gorontalo: Ideas Publishing.




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v8i1.482

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.